Body CareTrendingTutorialUnggulan
Trending

7 Jurus Parkir, Mobil Aman dan Sehat Selama Work From Home

Kebijakan bekerja dari rumah atau work from home untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona, membuat mobil kita libur panjang. Selama berminggu-minggu kita, sebagian besar warga kota dengan jumlah Covid-19 terbanyak seperti Jakarta, ‘dipaksa’ mengurangi aktivitas di luar rumah. Mobil pun akibatnya jadi lebih sering terparkir di carport atau garasi.

Gerakan ‘di rumah aja’ memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita, mencegah kita tertular atau menularkan Covid-19 atau virus corona. Tapi bagi mobil kesayangan kita, libur panjang bisa berakibat buruk. Selagi menjalankan work from home, pastikan kita melakukan 5 langkah saat parkir mobil, agar mobil tetap aman dan sehat.

  1. Cabut Aki 

Langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga daya listrik dalam aki atau baterai. Melepas terminal aki mencegah listrik mengalir dan terbuang percuma selama mobil terparkir dalam waktu lama. Tapi untuk mobil-mobil modern yang sistemnya dijalankan secara elektrik, hati-hati melakukan langkah ini. Melepas kabel aki bisa menyebabkan malfungsi di beberapa bagian, bisa mereset jam, spidometer dan lain. Pastikan aki atau baterai mobil dalam kondisi baik dan sesekali dipanaskan di masa work from home.

  1. Isi Bensin

Jangan parkir mobil dalam waktu lama dalam kondisi bensin tiris. Lebih baik isi tangki hampir penuh, untuk meminimalkan terjadinya kondensasi atau pengembunan akibat adanya ruang udara di dalam tangki yang kosong. Proses pengembunan ini bisa menyebabkan karat pada tangki bahan bakar. Akibatnya proses pembakaran tidak sempurna, bahkan potensial membuat mesin mobil mogok.

  1. Handbrake atau Rem Parkir

Bila parkir dalam waktu lama, jangan mengaktifkan handbrake atau rem parkir. Untuk menahan mobil dalam waktu lama, sebaiknya gunakan pengganjal roda. Rem parkir yang aktif dalam waktu lama berpotensi membuat rem menjadi lengket dan roda tak bisa bergerak. Hal ini biasanya terjadi pada rem-rem jenis drum atau tromol.

  1. Bersih Luar Dalam

Pastikan sebelum diliburkan selama work from home, mobil dalam kondisi bersih, luar dan dalam. Bodi mobil yang bersih mencegah munculnya jamur di bodi dan kaca. Begitu pula interor atau kabin bersih, mencegah mobil dari bau tak sedap, jamur hingga jadi sarang binatang seperti semut atau kecoak. Bila perlu gunakan pewangi interior dan anti lembab khusus kabin mobil untuk mencegah bau apek akibat parkir dalam waktu lama.

 

  • Angkat Wiper 

Mobil yang terparkir dalam waktu lama, wiper pun jadi jarang bekerja. Hal ini dapat membuat karet pada bagian wiper mengeras atau getas. Jika karet wiper mengeras dan kehilangan kelenturan, dapat sangat membahayakan anda bila berkendara dalam kondisi turun hujan. Efektivitas atau daya sapu air di permukaan kaca jadi berkurang.

 

  • Tempat Terlindung

Parkir mobil di tempat terlindungi seperti garasi atau carport. Lalu, gunakan sarung mobil agar mobil terlindungi dari cahaya matahari, hujan serta semprotan disinfektak yang dapat merusak cat mobil.

  1. Cek Oli Mesin

Pastikan oli mesin dalam kondisi cukup selama mobil libur panjang. Bila oli mesin penuh maka mesin juga terlindungi. Jika perlu ganti oli sebelum masa work from home atau libur panjang. Pastikan oli tidak tercecer, tidak ada kebocoran agar area sekitar mobil tetap bersih.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close