Body CareTrendingTutorialUnggulan
Trending

Work From Home Bikin Aki Soak, Nih Cara Aman Jumper Aki

Work from home atau bekerja dari rumah selama merebaknya Covid-19 atau virus corona membuat mobil pun jadi libur panjang. Tak hanya bekerja dan sekolah, banyak aktivitas lain yang tidak mendesak mesti dipangkas dari jadwal rutin kita. Mobil jadi lebih lama terparkir di garasi atau carport. Hal ini memang baik, mobil jadi istirahat.

Tapi… Kalau sampai lupa melepas kepala aki atau soket baterai sebelum masa work from home, mobil yang lama terparkir pun bisa jadi ‘sakit’, aki soak. Apalagi kalau mobil banyak dibekali perangkat elektrik modifikasi, seperti audio dan lampu-lampu. Kebutuhan pasokan listrik dari aki mobil akan lebih besar.

Selalu menyediakan kabel jumper merupakan solusi untuk situasi darurat seperti ini. Namun sebelum mulai mencolokkan kabel jumper dan aki, sebaiknya simak dulu langkah-langkah berikut. Agar tetap aman, jumper aki juga ada prosedurnya. Prosedur pemasangan kabel jumper yang tidak benar dapat mengakibatkan aki meledak dan melukai orang di sekelilingnya.

  1. Tegangan Aki 

Aki yang soak dan aki pancingan, aki yang memicu aliran listrik dari mobil yang hidup, harus memiliki tegangan yang sama. Pastikan juga aki pancingan yang digunakan sama-sama bertegangan 12 volt dan jauh dari rokok serta percikan api.

2. Kabel Rapi  

Rapikan kabel, jangan sampai saling membelit. Cek ujung-ujung kabel saat akan dipasangkan, jangan sampai saling bersentuhan.

3. Perangkat Elektrik Mati

Matikan seluruh perankat elektrik di mobil, seperti audio dan lampu-lampu. Mesin harus dalam kondisi mati atau off sebelum membuka kap mesin.

4. Terminal Positif Dulu

Hubungkan kabel jumper pertama ke terminal positif baterai kendaraan yang mati. Kemudian, hubungkan ujung kabel lainnya ke terminal positif aki pancingan di mobil yang hidup. Baru sesudah itu pasang kabel jumper berikutnya di terminal negatif aki mobil yang hidup, hubungkan ujung kabel lainnya ke bagian logam di mobil yang mati yang tidak tertutup cat.

5. Hidupkan Mesin Mobil

Setelah semua kabel jumper terhubung, nyalakan mesin mobil yang hidup. Naikkan putaran mesinnya dengan halus dan perlahan. Kemudian nyalakan mesin mobil yang mati. Kalau starternya tidak bereaksi, cek kontak antar logam di kabel jumper. Pastikan semua terhubung dengan baik. Coba lagi hingga aki yang ‘tertidur’ bangun kembali.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close