Body CareTrendingUnggulan
Trending

5 Hal Ini Dilakukan Pengendara Pintar Saat Social Distancing

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat adanya penurunan volume kendaraan di sejumlah pintu tol ke luar Kota Jakarta. Hal ini terjadi setelah adanya imbauan pemerintah, agar warga membatasi perjalanan untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19. Presiden Joko Widodo terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga interaksi dengan orang-orang di sekitar kita, social distancing. Termasuk dengan work from home, bekerja dari rumah, belajar dan ibadah juga di rumah.

Prinsip-prinsip social distancing atau jarak sosial, membatasi berbagai aktivitas dan interaksi sosial untuk mencegah, memperlambat dan menghentikan penyebaran penyakit, mesti kita terapkan. Tak hanya di lingkungan kerja, sekolah, tapi juga di dalam mobil kita. Bagi manusia modern apalagi di kota besar seperti Jakarta, yang kini memiliki jumlah terbanyak pasien Covid-19, mobil jadi bagian penting kehidupan sehari-hari kita. Kita biasa berinteraksi dan menghabiskan sebagian besar waktu di dalam mobil.

Lalu, apa saja mesti dilakukan di mobil selagi kita menerapkan social distancing?

 

  • Batasi Penumpang Mobil

Badan Nasional Penanggulan Bencana menyarankan selama merebaknya Covid-19, warga dianjurkan menghindari aktivitas sosial, berada di tempat keramaian dan membatasi jarak dengan orang-orang di sekitar. Begitu pula dalam mobil. Kalau biasanya kita menerima teman-teman untuk berbagi atau nebeng kendaraan, mulai batasi hal ini. Kalau mesti berbagi kendaraan, lakukan dengan orang yang kondisinya sehat. Bila harus semobil dengan orang sakit, mengantar berobat misalnya, jaga jarak dan penumpang yang sakit harus memakai masker.

 

  • Parkir Terdekat Atau Tidak Padat

Semua orang pasti lebih suka parkir di tempat yang paling dekat dengan pintu masuk. Parkir yang dekat dengan tujuan, meminimalkan ruang gerak dan risiko terpapar dengan virus. Akan lebih baik, bila titik parkir kita juga tidak padat, jadi kita tidak perlu berada di keramaian. 

 

  • Atur Kunjungan ke Bengkel

Bila tidak terpaksa, lebih baik tunda dulu kunjungan ke bengkel, cuci mobil atau salon mobil. Bila terpaksa memang harus ke bengkel, atur waktu kunjungan di luar jam ramai untuk menghindari lama menunggu di tempat umum. Buat janji atau manfaatkan jasa pick up and delivery. Bila perlu membeli bagian mobil, lebih baik lakukan transaksi secara online. Toko aksesori, bengkel atau rumah modifikasi bahkan menyediakan layanan penjualan berikut pemasangan.

 

  • Hati-hati Penumpang Lanjut Usia

Orang lanjut usia memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi virus corona, yang bisa jadi disebarkan oleh orang yang tidak menunjukkan gejala sakit. Kecuali untuk keperluan sangat penting, seperti keperluan kesehatan atau pengobatan, hindari melakukan perjalanan dengan keluarga senior atau penumpang lanjut usia. Kalaupun harus melakukan perjalanan, pastikan kabin mobil dalam kondisi bersih, minimalkan jumlah penumpang lain, serta driver dan penumpang lain juga dalam kondisi sehat.

  • Manfaatkan Drive-Thru

Lupakan dulu nongkrong di cafe, restoran atau jalan-jalan di mall. Manfaatkan layanan drive-through atau drive-thru yang sungguh memberikan kemudahan. Dari makanan sampai ATM. Kita bisa menikmati layanan beli makanan sampai transaksi tanpa meninggalkan mobil. Oya, jangan lupa cuci tangan atau pakai hand sanitizer sebelum makan ya…

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close