Body CareNewsTrendingUnggulan
Trending

Waspada Disinfektan ‘Corona’, Bisa Rusak Cat Mobil

Wabah Covid-19 atau virus corona membuat banyak sekali dilakukan penyemprotan disinfektan. Dari jalan utama sekelas Sudirman-Thamrin di jantung Jakarta, hingga komplek pemukiman dan kampung-kampung. Upaya penyemprotan disinfektan ini memang membantu mengurangi penyebaran virus corona. Tapi, ada efek samping yang tak kita duga, cat mobil jadi merana.

Mobil yang diparkir di depan rumah, carport atau pinggir jalan sering secara tak sengaja turut tersemprot disinfektak. Bahkan, banyak juga yang secara sengaja juga menyemprotkan disinfektan ke bodi mobil. Selain manfaat membunuh kuman dan virus, disinfektan ternyata juga memiliki efek samping, merusak permukaan cat mobil.

Secara langsung, cairan disinfektan memang tidak berbahaya bagi bodi atau cat mobil. Tapi bila dibiarkan atau tidak segera dibersihkan, kerusakan memang bisa terjadi pada cat mobil. Cairan disinfektan umumnya mengandung alkohol tinggi, pemutih atau karbol, serta deterjen.

Bila tidak segera dibilas dengan air dan shampo atau sabun mobil, cairan-cairan ini dapat menurunkan kualitas warna, cat mobil jadi kusam. Kandungan kimia yang terdapat pada deterjen bisa merusak lapisan pelindung cat, memudarkan warna cat, dan membentuk noda. Sayang kan kalau sampai bodi mobil modifikasi dengan cat custom keren, jadi kusam karena disinfektan.

“Segala cairan yang mengenai bodi mobil pasti akan menimbulkan waterspot ( jamur). Simplenya, jika kita semprotkan air keran ke bagian mobil dan tidak langsung di lap pasti akan menimbulkan waterspot, apalagi menyemprotkan cairan disinfektan yang bersifat korosif ke bahan metal,” ujar Owner 28 Autodetailing, Bintaro, Adhimasya Trinanda sebagaimana dikutip Kompas.com.

Bila mobil tidak sengaja tersemprot cairan disinfektan, sebaiknya segera cuci dengan air bersih. Paling baik, lakukan sebelum cairan disinfektan yang menempel di bodi mobil, mengering. Kalau sampai mengering, apalagi terlalu sering, disinfektan yang menempel di cat berpotensi meninggalkan bercak atau flek hingga kerak dan warna kusam.

Terlambat mencuci mobil? Bisa diupayakan dengan melakukan poles, agar cat mobil kembali kinclong. Ini bisa dilakukan sendiri, sekalian olah raga. Atau untuk hasil terbaik, serahkan pada salon mobil ya guys… Pastikan jadwalkan kunjungan ke salon mobil tidak pada jam sibuk. Mobil kinclong, tapi jangan lupa stay healthy!

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close