AksesorisModifikasiNewsProduk

Spion LED, Cara Keren Upgrade Eksterior dan Safety

Spion merupakan salah satu perangkat yang wajib ada di mobil. Bukan hanya pemanis, bahkan dalam Undang-Undang Lalu Lintas, keberadaannya diatur demi keamanan pengemudi dan pengguna jalan lain. Kaca spion, merupakan cermin cembung yang berfungsi meminimalkan efek blind spot buat pengemudi mobil. Menurut aturan, mobil wajib memiliki spion, yaitu spion kanan, kiri yang biasa disebut dengan spion luar dan spion dalam yang ada di dalam kabin. 

Bagi penggemar modifikasi, spion tak hanya peranti safety, tapi juga perangkat modifikasi eksterior yang penting. Desain dan teknologi spion kini berkembang makin atraktif dan modern. Salah satu yang paling populer adalah spion LED. LED berikut fitur dan teknologi modern disematkan ke rumah spion hingga di balik cermin untuk mendongkrak estetika, sekaligus fungsi dan safety kendaraan.

LED di Rumah Spion

Tampilan LED pada bagian belakang spion mobil atau rumah mobil merupakan salah satu upgrade eksterior paling populer. Bahkan mobil-mobil standar keluaran terbaru sudah dibekali dengan lampu sein di rumah spion. Buat mobil-mobil lama yang belum dilengkapi spion dengan sein, bisa upgrade tampilan dengan spion LED aftermarket yang banyak ditawarkan toko aksesori dan Rumah Modifikasi

Spion LED aftermarket memiliki desain yang lebih eye catching dari standar pabrikan, atau mengadopsi desain dan fitur spion mobil terbaru yang bisa dipasang di mobil lebih lawas. Seperti running sein atau sequential light, spion memiliki lampu LED yang menyala secara berurutan mengikuti arah belok mobil saat lampu sein diaktifkan.

Ada yang mengkombinasikan spion LED – Sequential – DRL (Daytime Running Light), yang menambah visibility saat berada di terowongan atau basement. Sehingga tak hanya membantu pengendara melihat area di sekitarnya, mobil juga lebih terlihat oleh pengendara di sekitarnya. Spion LED biasanya bisa dipasang secara plug n play, harganya bervariasi dari Rp 750.000 hingga Rp 2 juta, tergantung kelengkapan fitur. 

LED di Balik Cermin

Sekarang tren lampu LED tidak hanya disematkan di bagian rumah kaca spion atau di bagian belakang kaca spion. Pemakaian LED juga merambah ke bagian kaca spionnya. Pada kaca spionnya, dipasang LED kecil, membentuk anak panah ke arah luar bodi mobil. Model lampu ini pertama kali diperkenalkan General Motors pada pertengahan 2000-an yang dipasangkan pada beberapa produk andalannya.  

Teknik pemakaian lampu LED di kaca spion ini menggunakan cermin yang direkatkan dengan double tape pada cermin standar mobil. Dan, cover spion mesti ada seinnya juga, karena LED di kaca ini memanfaatkan kabel pararel LED di rumah spion. Dengan tambahan LED di kaca bikin tampilan spion makin eye catching dan meningkatkan safety. Pilihan warnanya tak hanya kuning, tapi ada juga biru, merah, putih, dan hijau.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close