AksesorisModifikasiNewsProduk

Spion Mobil, Penting Buat Safety dan Modifikasi

Spion merupakan salah satu perangkat yang wajib ada di mobil. Bahkan dalam aturan Undang-Undang Lalu Lintas, keberadaannya diatur demi keamanan pengemudi dan pengguna jalan lain. Kaca spion, berbentuk cermin cembung yang berfungsi meminimalkan efek blind spot buat pengemudi mobil.

Menurut aturan, mobil wajib memiliki spion, yaitu spion kanan, kiri yang biasa disebut dengan spion luar dan spion dalam yang ada di dalam kabin. Tetapi ada beberapa mobil yang memiliki kaca spion tambahan. Penggemar modifikasi bahkan banyak yang menggunakan spion aftermarket untuk mendapatkan tampilan yang lebih atraktif dan fitur atau teknologi tambahan. Seperti fitur LED, sequential hingga monitor dan kamera.

Nah, sebelum mulai ngoprek mengganti berbagai spion mobil kita, yuk pahami dulu fungsi masing-masing spion di mobil kita. 

Spion Luar
Spion luar berada di kanan dan kiri mobil. Fungsinya agar pengemudi dapat melihat kondisi lalu lintas di bagian belakang, samping kanan dan kiri hingga ke belakang mobil. Spion luar sangat membantu saat mobil akan belok. Pengemudi wajib melihat sekeliling mobil terlebih dahulu supaya tidak terjadi gesekan atau menyerempet kendaraan dari sisi kanan atau kiri. 

Posisi spion luar bisa diatur menyesuaikan postur dan posisi duduk pengemudi mobil. Pengaturannya ada yang manual, ada juga yang sudah elektrik.  Paling ideal posisinya, pengemudi bisa melihat seperempat bodi mobil. Dalam perkembangannya, di toko aksesori atau Rumah Modifikasi kini terdapat berbagai spion aftermarket seperti spion LED yang tak hanya membantu pengemudi memantau area di sekitarnya, tapi juga mendongkrak tampilan mobil. 

Spion Dalam
Spion dalam terletak di plafon mobil di sebelah kiri pengemudi, berfungsi untuk membantu pengemudi melihat ke belakang mobil. Spion dalam biasanya digunakan saat parkir mundur, sebelum belok kanan atau kiri, atau saat akan menyalip kendaraan lain. Pengemudi mesti melihat sekeliling mobil, termasuk ke belakang mobil untuk mengatur jarak dengan kendaraan lain di belakangnya. Dengan berkembangnya teknologi, beberapa mobil melengkapi fitur spion dalam ini dengan layar kamera hingga fungsi sebagai monitor untuk melihat kondisi belakang mobil dengan lebih jelas. 

Spion Tambahan
Namanya spion tambahan, ini menjadi tambahan yang tidak wajib, tetapi melengkapi spion yang ada.  Biasanya kaca spion tambahan ini dipasang untuk mengurangi blind spot mobil, sehingga disebut blind spot mirrors. Ada yang dipasang menempel pada spion kanan dan kiri, tetapi ada juga yang dipasang terpisah dengan spion standar. Seperti di atas bumper namanya  spion fender. Biasanya spion fender ini dipasang pada mobil yang bodinya besar seperti SUV atau double cabin.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close