News

Ganti Lampu Projector Atau Reflector, Mana Lebih Baik?

 

Teknologi lampu mobil terus berkembang pesat seiring perkembangan teknologi otomotif lainnya. Saat ini ada dua jenis lampu depan yang paling populer di industri mobil dan modifikasi, lampu projector dan reflector. Lampu reflektor merupakan versi yang lebih lawas, biasa jadi fitur standar mobil-mobil yang diproduksi pada awal tahun 2000an atau sebelumnya.

Lampu projector, merupakan lampu mobil yang lebih baru. Tapi, tidak semua varian mobil baru dibelaki lampu projector. Solusinya, lampu depan aftermarket yang dilengkapi teknologi projector. Toko aksesori dan rumah modifikasi kini menyediakan berbagai lampu aftermarket dengan label, projector lamp. Bagi kaum fashionista otomotif atau pencinta modifikasi, fitur, desain dan tampilan lampu aftermarket dengan teknologi teranyar ini tentu saja sangat memikat.

Sebenarnya apa bedanya sih, lampu projector dan reflector ini? Mana yang lebih baik?

Reflector Lamp

Lampu reflektor menjadi lampu standar mobil sejak ditemukannya lampu depan mobil elektrik. Lampu reflektor terdiri atas bohlam yang ditempatkan di dalam semacam mangkok metal. Di dalam mangkok tersebut ditambahkan lagi cermin untuk merefleksikan cahaya bohlam keluar, ke arah jalanan.

Pada lampu reflektor generasi lama, bentuk cahaya yang dipancarkan ditentukan oleh lensa di depan lampu, biasa disebut sealed-beam headlight. Pada lampu ini casing lampu terpasang permanen, tidak bisa diganti kalau bohlamnya mati.

Sejak 1980an, teknologi lampu reflektor berkembang dengan inovasi cermin yang ditempatkan di dalam housing lampu. Cermin ini menentukan arah pancaran cahaya, sehingga tak perlu lagi memakai lensa dan housing lampu yang direkatkan permanen. Hasilnya, kalau bohlam rusak bisa dengan mudah diganti.

Keuntungan lampu reflektor :

  1. Biaya produksi lebih murah. Banyak produsen mobil memakai lampu ini karena lebih murah.
  2. Dimensinya lebih kecil, lampu projector membutuhkan space lebih besar di dalam kendaraan.

Projector Lamp

Lampu projector merupakan teknologi lampu mobil yang terbaru. Lampu ini sebenarnya telah digunakan industri otomotif sejak tahun 1980an, tapi pada masa itu hanya untuk mobil-mobil mewah. Kini projector lamp semakin populer dan bukan barang eksklusif lagi, semua mobil bisa menggunakan projector lamp. Toko aksesori dan rumah modifikasi menyediakan berbagai model dan tipe projector untuk berbagai merek dan varian mobil.

Secara konstruksi projector lamp sama dengan reflektor lamp. Bedanya, pada projector lamp ada tambahan lensa yang berfungsi sebagai kaca pembesar untuk meningkatkan intensitas cahaya yang dipancarkan. Agar cahaya terpancar dengan benar, angle atau sudut lampu harus diatur dengan benar. Projector lamp memiliki semacam cut off shield yang mengarahkan cahaya ke bawah, ke arah jalanan. Dengan shield atau perisai ini, cahaya yang dihasilkan jadi lebih tajam dan fokus.

Keuntungan memakai lampu projector :

  1. Lebih terang, jauh lebih terang daripada lampu reflektor.
  2. Tidak membuat silau pengendara lain karena cahaya diarahkan ke bawah, ke permukaan jalan.
  3. Cahaya yang dihasilkan lebih intens dan banyak. Pada reflektor masih ada titik-titik tertentu yang tidak terterangi.
  4. Bisa memakai bohlam Xenon atau HID yang lebih terang. Kalau lampu reflektor memakai bohlam HID, bisa membuat silau pengendara lain.

Artikel terkait

Back to top button