News

Engine Cover, Penting Bikin Ruang Mesin Terlihat Cakep

Penganut modifikasi aliran racing biasanya memiliki perhatian besar terhadap kerapian dan kebersihan mesin mobilnya. Tak hanya dijaga agar tak ada oli yang bocor, kabel yang kusut, hingga peduli pada pada ‘keindahan’ ruang mesin. Dari sinilah munculah kebutuhan berbagai aksesori cover untuk komponen mesin, termasuk engine cover.

Engine cover pada dasarnya merupakan aksesori modifikasi yang digunakan karena fungsi estetika. Toko aksesori dan rumah modifikasi biasanya menyediakan berbagai model akseori racing ini, terbuat dari plastik tahan panas yang ringan. Dengan engine cover, buka kap mesin tak bakal bikin malu. Ruang mesin jadi terlihat rapi, mulus, bahkan keren.

Dengan engine cover, tak ada kabel-kabel yang terlihat berseliweran, pipa hingga header knalpot atau rembesan oli yang terlihat saat kap mesin dibuka. Engine cover membantu pengaturan kabel-kabel busi, jadi rapi dan terhindar dari panas komponen mesin yang bisa merusak kualitas hingga bikin kabel meleleh.

Bocoran atau tetesan oli juga jadi tertutupi dengan rapi. Apalagi untuk mobil yang telah melaju hingga ratusan ribu kilometer, tetesan, bocoran dan cipratan oli, minyak atau cairan mobil lain merupakan hal yang tak terelakkan. Dengan engine cover, semua cipratan ini tertutupi dengan rapi.

Engine cover juga memberi fungsi perlindungan, untuk telinga penumpang dan mesin itu sendiri. Dengan cover, kebisingan mesin dapat lebih teredam. Selain itu, engine cover melindungi mesin dari debu, kotoran hingga kerikil dan pasir yang mungkin menghantam mobil saat mobil melaju kencang.

Engine cover membuat ruang mesin jadi keren, layak dipamerkan. Secara langsung engine cover memang tidak mempengaruhi performa atau tenaga yang dihasilkan mesin. Namun ruang mesin yang rapi dan bersih karena komponen high performance-nya terlindungi oleh engine cover, kinerjanya pasti jadi lebih baik.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close