News

Ceramic Coating Atau Nano Coating, Apa Bedanya?

Melapisi mobil dengan ceramic coating atau nano coating merupakan salah satu cara yang efektif untuk melindungi bodi dan cat mobil. Apalagi untuk bodi mobil modifikasi, dengan aksesori ekslusif atau racikan cat istimewa. Coating menjadi pelindung cat yang mencegah perubahan warna atau kusam karena debu, air hujan, panas matahari, kotoran burung, getah pohon, sisa bercak air atau jamur hingga goresan halus.

Selain perlindungan, bodi atau cat mobil juga jadi lebih mengkilap dan kinclong usai di-coating. Ada dua jenis coating yang cukup digemari pengguna mobil, ceramic coating dan nano coating. Keduanya sama-sama berbahan dasar cairan bening bernama silikon dioksida. Bedanya, daya tahan dan harga. Yuk kupas satu-satu biar paham mana coating yang paling pas.

Ceramic coating

Ceramic coating memberi perlindungan dengan cara melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan berkandungan keramik khusus.Berupa cairan silika yang dapat mengeras atau mengkristal sehingga terlihat seperti lapisan akrilik tipis saat mengering.

Ceramic coating membuat bodi mobil tidak terlalu sensitif terhadap baret halus. Ceramic coating memberikan proteksi paling baik dengan daya tahan yang lama, namun memerlukan perawatan khusus dan biaya yang tidak murah.

Nano Coating

Berupa obat pelapis cat mobil berteknologi tinggi dengan partikel sangat kecil berukuran nano, sehingga disebut nano coating. Karena partikelnya yang sangat kecil, nano coating dapat mengisi pori-pori cat mobil dan memberikan perlindungan cat terhadap sinar UV, menjaga kilau dan lebih tahan goresan.

Nano coating meresap ke pori-pori cat sekaligus mengangkat kotoran, jamur, kerak, dan residu yang menempel di cat mobil.Kerapatan molekulnya membuat nano coating lebih tahan lama dibanding waxing biasa.

Artikel terkait

Back to top button