Tips & Trik

Tips Praktis, Merawat Aksesori Krom Agar Awet Kinclong

Aksesori krom merupakan salah satu komponen modifikasi paling legendaris. Aksen berkilau dari krom dapat digunakan untuk berbagai aliran dan gaya modifikasi. Dari modifikasi gaya elegan, VIP hingga racing sekalipun. Lapisan krom biasanya terdapat di sejumlah aksesori seperti grill, emblem, cover spion, handle pintu, hingga knalpot dan aksen pada lampu.

Namun meski atraktif, krom terhitung mudah kotor dan rusak. Musuh utamanya adalah air hujan dan air kotor yang bila mengendap akan menyebabkan krom bernoda, bercak-bercak water spot dan jamur, menguning karena oksidasi hingga berkarat.

Bagusnya, perawatan krom terhitung mudah. Yang dibutuhkan hanya telaten dan ‘gercep’. Jangan pakai malas bahkan berhari-hari, saat terkena kotoran atau air hujan mesti segera dibersihkan. Membersihkannya sangat mudah, hanya perlu siram dengan air bersih dan sabun, lalu segera keringkan dengan lap lembut agar tak meninggalkan bercak dan baret.  

Bila ingin lebih detail, bisa juga menggunakan cairan pembersih dan poles logam. Setelah dicuci dan keringkan, gunakan kain microfiber untuk melapisi dan memoles permukaan aksesori krom. 

Bagaimana kalau sudah sampai menguning atau berkarat? Jangan khawatir, toko aksesori atau rumah modifikasi biasanya menyediakan cairan atau produk pembersih noda atau metal polish. Produk pembersih ini bisa mengkilapkan metal, dari aksesori bodi hingga pelek dan blok mesin.

Image source by: Alibaba

Artikel terkait

Back to top button