News

Ceper Keren Pakai Coilover, Ini Sebabnya Jauh Lebih Mahal

Coilover merupakan salah satu lowering kit yang paling populer di kalangan pencinta modifikasi. Dengan komponen ini, mengurangi ketinggian mobil atau ceper, bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Dengan coilover mobil tetap nyaman namun tampilan makin sporty, bisa juga makin elegan, karena postur yang ceper makin mendekati aspal.

Lalu apa bedanya coilover dengan suspensi konvensional seperti per? Mengapa harganya bisa berkali lipat lebih mahal?

Perbedaan utamanya tentu saja pada fitur dan sistem pengaturan coilover yang lengkap, yang tidak ada pada suspensi standar atau per aftermarket. Seting suspensi lengkap dan aplikasi yang mudah sangat menentukan kenyamanan, performa, penampilan hingga kemudahan proses modifikasi. Coilover aftermarket bisa dipasang dengan mudah tanpa merubah konstruksi mobil, dengan sistem ganti atau plug n play.

Nama coilover berasal dari “coil spring over shock” yang artinya, per yang menyatu dengan shockbreaker. Coilover berfungsi untuk mengatur tinggi atau rendah, naik turunnya ground clearance mobil. Selain itu suspensi aftermarket ini juga dibekali sejumlah fitur lain yang mendukung kenyamanan mau penampilan mobil.

Yang paling umum adalah fitur untuk mengatur tingkat kekerasan shockbreaker sesuai kebutuhan. Misalnya disetel soft atau lembut saat berkendara sehari-hari, lalu diubah jadi keras saat melaju di trek balap. Semakin mahal harganya, semakin lengkap fiturnya. Termasuk coilover yang dilengkap chamber kit untuk mengatur chamber.

Coilover aftermarket biasanya terdiri dari shock absorber berikut per yang bisa diatur tinggi-rendahnya dengan cara memutar dudukan pernya. Rangkaian per dan shockbreaker ini yang dipasang sebagai pengganti komponen standar untuk mendapatkan tinggi-rendah serta keras-lembut suspensi sesuai keinginan, biasanya ada tiga setelan yaitu soft – normal – hard.

Coilover aftermarket menyediakan perbedaan setelan untuk mengakomodir perbedaan kebutuhan dan gaya modifikasi. Seperti mobil modifikasi gaya street performance, race, comfort, VIP, ultra-low, dan sebagainya. Masing-masing gaya modifikasi membutuhkan tingkat ketinggian serta kekerasan suspensi yang berbeda.

Bila sampai terjadi kerusakan, coilover juga bisa diservis atau rebuilt. Sayangnya, tidak mudah menemukan komponen atau jasa perbaikan coilover. Kerusakan pada satu bagian, berpotensi penggantian pada seluru set coilover. Seperti harga belinya yang jauh di atas suspensi per konvensional, harga perbaikannya pun juga tidak murah.

Antisipasinya, rawat dan jaga kebersihan komponen ini dengan sebaik-baiknya. Semprot dengan air bertekanan tinggi untuk merontokkan kotoran di bagian batang suspensi saat mencuci mobil. Untuk memastikan kesehatan coilover, lakukan pengecekan secara berkala untuk penggantian oli dan mengecek kondisi seal untuk mencegah kerusakan.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close