AksesorisNewsProdukTeknologi

Atur Sensitivitas Mesin dengan Throttle Controller, Mau Responsif atau Irit?

Saat ini teknologi membuat mesin mobil semakin efisien dan berkendara makin nyaman. Mesin kendaraan bisa dimanuplasi sesuai kebutuhan, agar lebih responsif atau lebih irit BBM dengan aplikasi Throttle Controller. Electronic Central Unit merupakan komponen pintar yang dapat mengatur seluruh kinerja mesin, termasuk bukaan gas atau throttle. Namun ada cara yang lebih mudah untuk mengatur bukaan gas agar bekerja sesuai keinginan, yaitu dengan komponen aftermarket, throttle controller.

Tak hanya untuk mobil keluaran baru, selama mobil dilengkapi teknologi Drive by Wire, throttle controller aftermarket ini juga bisa diaplikasi sejumlah varian mobil keluaran lama. Dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia hingga Toyota Calya, Mazda CX5, Nissan X-Trail hingga Toyota Yaris atau Honda Brio pun. Apa sebenarnya throttle controller itu? Bagaimana sih cara kerjanya?

Komponen throttle controller hanya bisa dipasangkan pada mobil yang sudah dilengkapi teknologi Drive by Wire, dimana mekanisme bukaan gas diatur secara elektronik. Throttle controller bertugas memanipulasi data dari pedal menuju throttle atau gas mesin, agar bisa diatur lebih responsif, lebih irit atau lebih efisien, sesuai kebutuhan pengendara.

Throttle controller mengatur bukaan throttle, disesuaikan dengan kebutuhan mesin lewat pengontrol mesin atau ECU agar lebih responsif, high performance atau irit. Jadi dengan throttle controller, bukaan pedal gas bisa diseting sesuai keinginan.

Biasanya ada 3 mode setingan sensitivitas gas, Normal, Ekonomis (Eco) atau Sport. Setingan Eco membuat respon mesin lebih lebih lambat, tapi bahan bakar yang keluar lebih sedikit alias irit. Sementara setingan Sport, bikin bukaan gas lebih sensitif. Jadi ibaratnya injak sedikit saja, mobil sudah berasa seperti terbang.

Throttle controller aftermarket kini tersedia di berbagai toko aksesori atau rumah modifikasi, dengan harga berkisar Rp 1,8 juta hingga Rp 2 jutaan. Tak hanya mengakomodir berbagai jenis kendaraan dan karakter pengendara, throttle controller sangat mudah diaplikasi, dipasang dengan sistem plug n play. Tampilan yang awalnya sederhana pun kini berkembang hingga dilengkapi monitor untuk memantau besarnya bukaan gas.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close