News

Waspada, 7 Titik Paling Berkuman di Kabin Mobil

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona membuat manusia di seluruh dunia jadi sadar akan pentingnya kebersihan. Berbagai area dan aktivitas bisa menjadi media penyebaran penyakit dan virus yang sangat menular tersebut. Termasuk dalam sarana transportasi atau mobil. Tak hanya urusan kesehatan mesin, tapi kebersihan kabin agar bebas kuman atau virus pun kini mesti jadi prioritas pemilik dan penumpang mobil.

Meski terlihat bersih, tidak ada kotoran, kabin mobil masih bisa menjadi sarang kuman, virus, hingga bakteri dan jamur. Mahluk-mahluk tak kasat mata ini bisa berada di berbagai bagian kabin mobil, bahkan di area yang terduga. Meski tak terlihat, kuman bisa menimbulkan penyakit dan masalah kesehatan.

Jumlah kuman, bakteri atau jamur di dalam kabin mobil berbeda-beda di tiap mobil, bahkan kawasan dan kebiasaan pengendaranya. Makin panas dan lembab kawasannya, misalnya Jakarta dibandingkan Lembang, makin besar kemungkinan kuman dan jamur bersarang. Apalagi kalau pengendara punya kebiasaan ngemil atau meninggalkan sisa makanan atau minuman di dalam mobil.

Menurut Dr. Ron Cutler, Direktur Ilmu Biomedika di Universitas Queen Mary, London, bakteri yang paling banyak ditemukan di dalam interior mobil adalah bacillus cereus. Jenis bakteri ini dapat menyebabkan problem pencernaan, sama seperti keracunan makanan. Agar lebih berhati-hati dan tak kelewatan saat bersih-bersih, kenali nih 7 bagian paling berkuman di kabin mobil kita.

Setir
Penelitian oleh Universitas Queen Mary, London menunjukkan bahwa setir mobil sembilan kali lebih kotor dibanding toilet umum di Inggris. Menurut riset mereka, ada 700 bakteri hidup di tiap inci persegi setir mobil. Sementara di toilet umum hanya ada 80 bakteri. Masuk akal, karena setir merupakan bagian yang terus menerus dipegang, disentuh, oleh tangan yang sebelumnya menyentuh berbagai benda. Dari pintu mobil, makanan hingga manusia lain.

Tombol-Tombol Head Unit
Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebut bahwa tombol-tombol head unit merupakan salah satu bagian terkotor di mobil. Karena bagian ini sangat sering disentuh dan tidak mudah dibersihkan.

Seat Belt
Seat belt jadi sarang kuman karena cukup sering dipegang, bersentuhan dengan tangan. Selain itu, bagian seat belt juga ada yang bersentuhan dengan bagian tubuh yang lain seperti dada atau leher. Sebagian seat belt juga berada di area yang terselip, sehingga sering terlewatkan saat membersihkan kabin.

Power WIndow
Virus, bakteri atau kuman yang hinggap di mobil berasal dari tubuh kita. Sama seperti setir, tombol power window juga jadi sarang kuman dan virus karena sering disentuh. Apalagi bila sering keluar masuk tol atau parkir.

Jok
Segala macam makanan atau minuman yang tumpah atau rontok biasanya jatuh ke jok. Pelapis jok bersentuhan dengan berbagai bagian tubuh kita. Dari punggung, tangan, serta kaki. Tak hanya makanan, kuman juga bisa menempel ke jok dari kulit, keringat atau droplet yang hinggap di pelapis jok. Apalagi bila pelapis jok beruba kain, kotoran atau cairan sangat mudah meresap dan menempel di jok.

Tempat Koin / Uang
Uang merupakan salah satu benda terkotor, tak hanya di mobil tapi juga di berbagai tempat lain. Kita tak pernah tahu, uang yang kita pegang tersebut telah beredar dimana saja atau siapa saja yang pernah memegangnya. Di masa pandemi Covid-19, berbagai transaksi dilakukan secara cashless untuk menahan persebaran virus.

Cup Holder
Cup holder bisa jadi sarang kuman karena di area ini biasanya kita meletakkan makanan atau minuman. Apalagi kalau makanan atau minuman yang kita letakkan di sini mengandung gula, susu atau material lain selain air. Kalau sampai tumpah, di situlah kuman atau binatang seperti semut atau kecoak akan berpesta. Kalau dibiarkan, apalagi kita letakkan lagi minuman di sini, dari situlah terjadi problem kesehatan.

Artikel terkait

Back to top button