News

Type R, Ikon Modifikasi Racing, Kasta Tertinggi Honda

Type R merupakan nama legendaris bagi anak modifikasi, terutama pencinta Honda. Tak sekadar tipe atau varian, Type R adalah nama ikonik di dunia modifikasi. Type R adalah top levelnya modifikasi. Rumah modifikasi dan produsen aksesori pun meracik beragam komponen modifikasi dengan gaya Type R.

Sejarah Type R berawal pada tahun 1997 saat Honda memperkenalkan Honda Civic Type R, Civic pertama yang diproduksi dengan logo Type R dan performa di atas rata-rata. Mobil ini hanya tersedia untuk pasar Jepang, Civic Type R jadi hatchback tiga pintu yang ampuh di trek balap.

Huruf R pada Type R ini artinya Racing, karena mobil ini memang diproduksi dengan spesifikasi high performance layaknya mobil balap. Namun sering juga diartikan sebagai Rare alias langka, karena tingginya permintaan pasar sementara persediaan unit sangat terbatas.

Seri pertama Type R awalnya memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan balap. DNA balap ada di mesin, suspensi hingga bodi. Pada akhirnya Honda menyematkan logo Type R pada berbagai variannya, Integra, Accord dan tentu saja Honda Civic Type R.

Civic merupakan sedan yang paling lama menggunakan emblem tersebut. Honda Civic menyediakan varian Type-R sampai 10 generasi loh. Generasi terbaru Civic Type R dibekali mesin 4-silinder 2.0 liter turbocharge, yang menghasilkan tenaga 306 hp dan torsi 400 Nm. Mobil ini diproduksi dengan transmisi manual 6 kecepatan, sasis alumunium yang ringan, lincah untuk manuver dan bodi yang kokoh. Sementara mesinnya, bisa beroperasi dalam tiga setingan, Comfort, Sport, and +R

Artikel terkait

Back to top button