News

Temperatur Warna Lampu, Salah Pilih Bisa Bikin Celaka

Tampilan dan performa biasa jadi pertimbangan terpenting saat memilih lampu mobil. Salah satu komponen yang menentukan kedua hal tersebut adalah warna atau temperatur bohlam lampu. Lampu mobil berwarna putih dan kebiruan jadi primadona di kalangan pencinta modifikasi karena cahayanya yang terang, tampilannya atraktif dan berkesan modern. 

Toko aksesori dan rumah modifikasi menyediakan lampu mobil dengan bermacam desain, daya serta warna atau temperatur lampu. Warna atau temperatur lampu mobil dikelompokkan dengan satuan Kelvin. Tinggi rendahnya angka Kelvin berpengaruh pada perbedaan spektrum warna cahaya yang dihasilkan. Semakin kecil angka Kelvin, makin hangat pancaran cahayanya. Begitu pula sebaliknya, semakin tinggi angka Kelvin, makin dingin pancaran sinarnya.

Mobil modern umumnya dilengkapi headlamp dengan bohlam kekuningan hingga lampu mobil dengan LED yang bercahaya putih. Mana warna yang paling baik? 

3.000 – 4.300 Kelvin
Lampu dengan warna 4300 Kelvin merupakan warna yang paling umum digunakan. Lampu berwarna 4.300 Kelvin atau kurang, biasanya 3000 Kelvin, menghasilkan cahaya putih kekuningan. Makin kecil satuan Kelvin, makin kuning cahaya yang dihasilkan. Intensitas cahaya lampu warna kuning memang cenderung lebih redup, tetapi mampu menembus kabut atau hujan deras.

5.000 – 8.000 Kelvin
Cahaya ini biasanya dihasilkan lampu dengan lampu LED. Lampu dengan suhu antara 5.000 sampai 8.000 Kelvin menghasilkan cahaya berwarna putih. Semakin tinggi satuan Kelvinnya, makin putih cahaya yang dihasilkan. Lampu dengan warna 8.000 Kelvin, menghasilkan cahaya putih kebiruan hingga ungu. Cahaya LED warna putih kebiruan ini memang terlihat modern dan eye catching, intensitas cahayanya juga lebih terang, namun tidak bisa menembus kabut atau hujan deras. 

Warna Ideal di Musim Hujan
Angka atau temperatur bohlam lampu yang ideal untuk menghadapi musim hujan, berkisar antara 4.300 Kelvin atau di bawahnya. Bila menginginkan cahaya lampu dengan rona putih, bisa memilih lampu dengan suhu lebih tinggi, namun tidak boleh melebihi angka 6.000 Kelvin. Di atas 6.000 Kelvin, pencahayaan mobil saat hujan jadi tidak maksimal. Lampu dengan temperatur di atas 6.000 Kelvin atau lebih, memantulkan cahaya itu dari arah berlawanan bila terkena hujan. Akibatnya visibility malah jadi berkurang karena lampu tidak bisa menembus ‘tirai’ hujan.

 

 

Image source by: Moladin

Artikel terkait

Back to top button