News

Tangkal Covid-19, Nih 4 Alasan Pakai Masker Walau Bermobil Sendirian

Berbagai studi membuktikan bahwa masker dapat melindungi pengguna maupun orang di sekitarnya dari penularan virus Corona atau penyakit lain. Apalagi saat kita berada di dalam ruang tertutup, seperti dalam mobil. Penggunaan masker secara benar, terbukti efektif meredam penyebaran kasus Covid-19. Masker efektif efektif melindungi penggunanya dari infeksi penyakit.

Sejak November 2020 lalu, Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta resmi berlaku. Perda tersebut mengatur sanksi khusus bagi masyarakat yang melanggar aturan memakai masker selama pandemi. Pada Pasal 9 ayat 1 disebutkan, setiap orang yang tidak menggunakan masker dikenakan sanksi berupa kerja sosial membersihkan fasilitas umum atau denda administratif maksimal  Rp 250.000.

Aturan memakai masker ini berlaku untuk semua orang yang berkegiatan di luar rumah, termasuk saat berada di dalam kendaraan. Namun bukan semata-mata demi denda atau sanksi hukum, memakai masker bahkan saat sendirian dalam mobil memang pilihan terbaik. Mengapa? Simak nih, 4 alasan telak kita mesti selalu pakai masker.

Minimalkan Menyentuh Wajah
Meskipun kita hanya melakukan perjalanan pendek, lebih baik tetap pakai masker. Hal ini perlu untuk mengurangi frekuensi menyentuh wajah saat melepas dan memakai kembali masker kita. Untuk menghindari menyentuh wajah, tetap kenakan masker meski di dalam mobil dan sendirian.

Tak Pernah Buka Jendela
Saat kita berada sendirian di dalam mobil, risiko terjadinya penularan Covid-19 sebenarnya rendah. Namun ini hanya berlaku apabila selama berkendara, kita tidak membuka jendela mobil atau berinteraksi dengan orang di luar kendaraan kita. Seperti mengambil karcis parkir, membayar parkir hingga membayar polisi cepek saat kita putar balik. Mungkin apa tidak kita melakukan ini, berkendara tanpa mesti membuka kaca mobil sama sekali. Bila ada kemungkinan buka kaca mobil, walaupun cuma sekali, lebih baik tetap pakai masker.

Penyimpanan Masker
Risiko tertular Covid-19 saat kita berada dalam mobil sendirian memang rendah, bila kita tahu cara menyimpan masker secara baik dan benar. Masker merupakan pertahanan kita dari dunia luar, yang menahan virus atau droplets terhirup lewat mulut dan hidung kita. Bila dilepas, masker mesti berada di tempat yang mudah terjangkau apabila sewaktu-waktu diperlukan. Selain itu, tempat ini mesti tidak berkontak dengan satu orang pun. Mungkin apa tidak kita melakukan ini? Mungkin atau tidak, kita tidak menyentuh bagian luar masker saat kita melepas dan memakainya kembali. Pilihan teraman, tetap memakai masker sepanjang aktivitas di luar rumah, bahkan saat berada dalam mobil, walaupun sendirian.

Multi Destinasi
Jika kita perlu berinteraksi keluar masuk mobil, misalnya harus pergi ke beberapa tempat sekaligus, membuka dan memasang masker berkali-kali bisa mengurangi efektivitas perlindungannya. Saat membuka dan memasang masker kembali, tangan akan menyentuh masker tersebut. Padahal tangan adalah media yang paling sering dihinggapi oleh virus maupun faktor penyebab lainnya.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close