News

Roof Box, Rak Bagasi Atas Mobil Serbaguna Untuk Bawa Barang Dalam Jumlah Besar

Mengendarai mobil kesayangan ketika melakukan perjalanan liburan atau bepergian jarak jauh, memang menjadi alternatif yang banyak dipilih orang. Selain lebih nyaman, ongkos perjalanan dinilai lebih murah jika membawa kendaraan pribadi.

Kendala yang sering dihadapi adalah kurangnya space di kendaraan untuk membawa barang-barang yang kita perlukan. Baik itu di dalam kabin ataupun pada bagian bagasi. Bisa karena barang yang kita bawa berukuran besar ataupun dalam jumlah yang banyak. Cara yang paling banyak menjadi pilihan adalah memasang roof carrier atau biasa kita sebut rack roof box. kita bisa memasang rack roof box yang berfungsi untuk menyimpan barang bawaan tersebut tanpa harus mengurangi ruang pada kabin mobil.

Sebelum memasang roof box kita harus memasangkan cross bar yang dikaitkan pada roof rail yang tersedia pada jenis SUV. Sedangkan untuk mobil yang belum memiliki roof rail, seperti jenis MPV dan city car cross bar dapat dikaitkan pada lis plafon mobil.

Memilih Roof Box

Ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rack roof box untuk dipasangkan pada mobil. Hal ini penting untuk diingat karena selain untuk menimbang umur pakai rack roof box, juga menyangkut kenyamanan dan keamanan berkendara. Hal – hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Roof box yang aman adalah yang menghilangkan gangguan atau hambatan udara. Ukuran ideal aerodinamisnya berukuran tinggi 35 – 45 cm dengan lebar 90 – 95 cm. Di Pasaran pada umumnya semakin besar kapasitas box semakin rendah ukurannya.
  1. Selain dimensi, kita juga harus mempertimbangkan berat box beserta barang bawaan yang akan kita masukkan ke dalamnya. Berat maksimal yang aman untuk ditaruh di atas kendaraan sebesar 90 Kg. Berat bawaan maksimal yang bisa dengan aman dapat diangkut seberat 50 kg dengan asumsi berat roof box dan cross bar seberat 25 hingga 30 Kg.
  1. Bahan dasar roof box harus kuat tetapi ringan seperti ABS. Tetapi belakangan ini sudah tersedia roof box yang berbahan dasar alumunium yang kuat dengan berat yang lebih ringan 30% dari yang terbuat dari baja. Hindari memilih box yang terbuat dari bahan plastik karena bahan ini mudah rapuh dan tidak awet ketika terkena cuaca dan panas secara bergantian.
  1. Agar kuat terhadap panas matahari, pastikan roof box yang dipilih sudah dilapisi oleh bahan anti UV. Dengan demikian box tidak mudah kering dan pecah-pecah.
  1. Untuk keamanan saat berkendara dan tidak kuatir box akan terbuka saat melaju, kita dapat memilih roof box yang memiliki sistem penguncian yang kuat.
  1. Untuk kendaraan tanpa roof rail, perhatikan saat memasang crossbar pada lis plafon mobil. Kita harus teliti dan berhati-hati agar tidak ada celah yang memungkinkan kebocoran pada kabin mobil ketika turun hujan disaat berkendara.
  1. Memiliki aftersales yang baik. Demikian juga kemudahan dalam mencari spare part ketika terjadi kerusakan pada roof box.
  1. Penyesuaian jumlah penumpang beserta barang bawaan dan roof box yang digunakan. Sebaiknya gunakan roof box dengan kapasitas 300 liter untuk kendaraan yang berkapasitas 5 hingga 6 orang. Dan untuk yang berpenumpang 6 hingga 7 orang bisa menggunakan yang berkapasitas 400 liter.

Ketika bepergian dengan menggunakan roof box, kita harus memperhatikan bobot barang bawaan agar tidak terjadi overload. Hal ini akan mengakibatkan atap mobil menjadi bengkok dan membahayakan penumpang serta pengendara yang berada di dalam mobil.

Ukuran box juga harus disesuaikan dengan ukuran mobil. Tidak boleh terlalu besar karena berbahaya dan tidak terlalu kecil agar tidak menghilangkan nilai estetika kendaraan.

Mobil berjenis LCGC seperti Datsun Go, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya dan Suzuki Wagon R memasang roof box dapat sangat riskan karena bobot kosong kendaraan 1.000 Kg. Untuk menyiasati agar tetap dapat membawa barang bawaan yang tidak mampu ditampung oleh bagasi mobil, dapat menggunakan cross bar variasi dan roof rack. Tetapi, berat barang yang ditaruh pada crossbar tidak boleh terlalu berat.
Untuk pengendara Suzuki Jimny 2018 yang kesulitan mendapatkan roof rack berbahan metal berkualitas tinggi dengan harga bersaing, dapat mengunjungi Rumah Modifikasi

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close