News

Musim Hujan Mengintai, Waspada 3 Kebisaan Ini Bikin Bodi Kusam

Musim hujan adalah saatnya kita makin sering merawat mobil dengan lebih cermat. Terutama bagian eksterior, seperti bodi atau cat yang paling sering dan paling banyak terpapar oleh air hujan. Air hujan membawa berbagai elemen yang bisa merusak cat atau bodi mobil, seperti air yang sifatnya asam hingga kotoran.

Kalau tidak diperlakukan dengan benar, lama-lama air hujan bisa membuat cat atau bodi mobil kehilangan kilaunya. Sayang kan, mobil cakep dengan aksesori modifikasi, tapi bodi atau catnya kusam. Ada beberapa kebiasaan yang dianggap lumrah, tpi dalam jangka waktu lama bisa membuat bodi mobil jadi kusam. Simak nih guys, jangan dilakukan 3 kebiasaan ini kalau pengin cat awet glowing.

Malas Cuci Sehabis Kehujanan

Apa yang buru-buru kita lakukan sehabis kehujanan? Mandi dan mengeringkan badan agar tak gatal atau sakit kan? Nah, kebiasaan ini juga harus diberlakukan pada mobil kesayangan. Jangan malas mencuci, atau bila waktu atau tenaga terbatas, setidaknya membilas dengan air bersih bila mobil habis kehujanan.

Jangan tunggu sampai air hujan yang menempel di bodi mobil mengering, atau malah menginap, ditunggu sampai esok harinya. Apalagi kalau sampai dipakai jalan dulu, terpapar panas dan kotoran lagi. Air hujan mengandung kotoran dan bersifat asam karena bercampur dengan polutan, apalagi di perkotaan. Bila dibiarkan menempel di bodi sampai kering sendiri, akan menimbulkan bercak. Dalam waktu lama, cat jadi terlihat kusam.

Cuci Tanpa Mengeringkan

Pastikan bodi mobil dikeringkan setelah mencuci. Selain itu proses mencuci juga sebaiknya dilakukan di tempat yang teduh agar tidak sampai mengering sendiri, apalagi saat masih mengandung shampo dan belum dibilas. Air yang dibiarkan kering sendiri, apalagi air yang mengandung kotoran dapat menjadi tempat tumbuhnya jamur dan menimbulkan bercak-bercak seperti panu di kulit manusia.

Parkir Berpeneduh

Saat hujan sering turun tanpa terduga, upayakan untuk selalu memarkir mobil di area dengan peneduh atau atap. Jangan biarkan mobil basah kehujanan, lalu kemudian kering sendiri karena terik matahari di parkiran. Air hujan ditambah kotoran yang mungkin sudah menempel di bodi mobil, bisa berujung pada cat yang kusam atau berbercak karena jamur.

Artikel terkait

Back to top button