News

Modifikasi Audio, Pakai Subwoofer Pasif Atau Aktif?

Salah satu kunci modifikasi audio yang sukses adalah pemilihan subwoofer yang tepat. Dalam sistem audio mobil subwoofer merupakan penghasil suara bas yang berfungsi mereproduksi suara rendah dengan frekuensi 100 Hz ke bawah.Subwoofer yang tepat dengan keseluruhan seting audio mobil, akan memberikan dentuman suara bass yang powerful. Bahkan bisa menyulap hiburan dalan mobil jadi sedahsyat suguhan home theater.

Toko aksesori dan rumah modifikasi audio menyediakan berbagai subwoofer aftermarket dengan bergam spesifikasi dan kualitas. Bingung pilih yang mana? Patokannya mudah, pada dasarnya ada dua jenis subwoofer di pasaran audio mobil, yaitu subwoofer aktif dan pasif.

Kedua jenis subwoofer ini dibedakan berdasar sistem pasokan tenaganya. Agar tak salah pilih saat belanja modifikasi , yuk kenali kedua jenis subwoofer ini.

Subwoofer Aktif

Subwoofer aktif memiliki perangkat power supply yang terintegarasi, power dan subwoofer menyatu dalam satu boks subwoofer. Pengaturan ini salah satunya dimaksudkan untuk efisiensi ruang. Subwoofer berukuran lebih kecil, sehingga tak terlalu banyak memakan ruang dalam kabin mobil. Subwoofer ini cocok untuk mobil dengan kabin kecil atau yang ingin menjaga space kabinnya tetap selega mungkin.

Subwoofer Pasif

Subwoofer pasif memiliki sumber tenaga listrik dari perangkat terpisah. Jadi hanya subwoofer saja,masih membutuhkan tambahan box dan power amplifier sebagai perangkat terpisah yang mesti ditambahkan sendiri. Jadi aplikasinya memang lebih ribet karena harus beli box dan power amplifier.Agar dentuman bass yang dihasilkan makin optimal, subwoofer pasif bisa dimodifikasi dengan boks yang tepat jadi subwoofer ported atau subwoofer sealed.

Artikel terkait

Back to top button