News
Trending

Ini 3 Alasan Kenapa DRL Itu Keren Guys

Daytime Running Light atau DRL merupakan lampu yang otomatis menyala saat mesin mobil dinyalakan. Tidak seperti lampu depan, nyala DRL redup dan tidak menerangi jalan di depan. Tujuannya menjadi lampu jalan siang hari, untuk meningkatkan visibilitas mobil. Sehingga pengemudi lain bisa melihat mobil kita, terlebih pada saat hujan deras, di terowongan atau basement. Saat lampu utama menyala, DRL otomatif mati.

 

Pabrikan umumnya menyematkan DRL untuk lampu depan, tetapi ada juga yang mengaplikasikannya untuk lampu belakang. Awalnya DRL menjadi fitur standar di mobil-mobil keluaran terbaru. Tapi kini semua mobil bisa memakai lampu jalan siang hari ini, toko aksesori atau rumah modifikasi menyediakan berbagai DRL aftermarket. Udah pakai belum? Kalau belum, simak nih 3 hal yang bikin DRL ini keren.

 

Lebih Terlihat, Lebih Aman

Di Eropa DRL sudah dikenal sejak 1970an, tapi baru jadi fitur wajib mobil keluaran baru sejak 2011. Negara-negara Skandinavia dan Eropa Utara seperti Finlandia, Swedia dan Rusia merupakan pelopor pengguna DRL. Volvo sudah menerapkannya sejak tahun 1972, sebagai fitur keselamatan mobil di siang hari. Di negara-negara ini, beberapa penelitian yang dilakukan sejak tahun 1970an menunjukkan bahwa penambahan lampu sorot siang hari mengurangi kecelakaan karena visibiliti yang lebih baik. Mobil jadi lebih terlihat oleh pengendara lain saat hujan deras, di terowongan atau basement.

 

Style, Makin Atraktif

Tak hanya perangkat safety, DRL kini menjadi salah satu komponen modifikasi yang efektif mengupgrade tampilan mobil. Mobil jadi berkesan lebih modern dengan adanya DRL yang kini tersedia dengan berbagai desain atraktif. Rumah Modifikasi memiliki koleksi DRL aftermarket dengan berbagai warna, hitam, smoke hingga krom yang kinclong. Model lampunya juga atraktif dengan lampu2 berbentuk strip ikoniknya Mustang hingga blue light dan DRL Lambo Style dengan deretan panah khas Lamborghini.

Fitur Keren

DRL aftermarket umumnya dipasang secara plug n play dan hadir dengan berbagai fitur keren, bahkan ada yang tersedia satu paket dengan fog lamp, DRL fog lamp. Lampunya tidak terlalu terang, cenderung kekuningan selayaknya lampu kabut. Ini akan sangat membantu kalau menghadapi hujan deras atau kabut saat perjalanan siang. Tak sekadar lampu yang menyala siang hari, DRL aftermarket juga tersedia dengan berbagai fitur keren. Dari memakai LED yang nyalanya terang namun hemat listrik, blue light hingga running sein di DRL sequential (https://www.rumahmodifikasi.com/product/drl-wuling-almaz-2019-on-sequential-signal-led-drl-blue-mode/). Jadi DRL terhubung dengan lampu sein, deretan LED di DRL akan menyala secara berurutan menciptakan efek gerak saat lampu sein aktif.

Keren kan? Gas buruan pasang guys, yang ngincer banyak loh…

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close