News

Hujan Deras, Pakai Lampu Belakang Yang Atraktif, Bukan Lampu Hazard

Hingga sekarang, tahun 2021, kejadian seperti ini masih sering kita temui, mobil menyalakan lampu hazard saat hujan deras. Alasannya, karena visibilitas yang buruk sehingga menyalakan lampu hazard agar mobil dapat terlihat lebih jelas oleh kendaraan di belakang. Harapannya, dengan menyalakan lampu hazar, risiko tertabrak jadi lebih kecil.

Benarkah begitu?

Salah besar guys. Menyalakan lampu hazard saat mobil tidak dalam kondisi darurat, apalagi saat melaju di tol di tengah hujan deras, justru membahayakan. Lampu hazard dirancang untuk dipakai hanya untuk keadaan darurat, di mana kendaraan dalam kondisi berhenti atau statis. Seperti saat mengalami kecelakaan atau mogok.

Menyalakan lampu hazar saat mobil bergerak bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara di sekitarnya. Penggunaan lampu hazard pada saat mobil bergerak dapat membahayakan karena jadi menutupi fungsi lampu sein. Lampu sein di kedua sisi bodi berkedip pada saat bersamaan, sehingga pada saat akan berbelok, pengendara lain tidak mengetahui arah yang akan dituju. Hal ini bukannya aman, tetapi malah bisa memicu tabrakan.

Selain itu, kedipan lampu yang berlangsung terus menerus dalam jangka waktu lama, bisa mengganggu konsentrasi pengendara di belakang mobil kita. Terus-terusan melihat lampu yang berkedip, bisa membuat mata jadi cepat lelah. Dalam situasi hujan deras, kurangnya konsentrasi  dan mata yang lelah, sangat meningkatkan risiko bahaya.

Bila berkendara saat hujan deras, pilihan paling tepat adalah menyalakan lampu depan, atau makin baik bila ditambahkan juga fog lamp.  Saat lampu utama menyala, lampu belakang pun juga akan turut aktif. Sehingga visibilitas driver sangat terbantu, pengendara mobil di belakang pun bisa melihat jarak dan arah gerakan mobil di depannya dengan lebih jelas.

Untuk menjamin vibilitas yang lebih baik, pilih lampu depan dan lampu belakang yang menghasilkan cahaya yang terang dan fokus. Toko aksesori dan rumah modifikasi kini menyediakan beragam lampu belakang (https://www.rumahmodifikasi.com/product-category/eksterior/autolamp/stop-lamp/) dengan teknologi LED yang hemat daya listrik, desain light bar yang terang dan atraktif, bahkan fitur sequential yang eye catching.

Tampilan mencolok ini, menghasilkan sinyal pengereman yang jelas dan meningkatkan kewaspadaan pengendara di belakang kita pada saat berkendara di tengah hujan deras. Jadi modifikasi ini tak hanya bikin cakep, namun safety juga terjaga dengan makin baik.

Artikel terkait

Back to top button