News

Body Kit, Bikin Cakep Aja Atau Ada Fungsi Aerodinamis?

Body kit merupakan salah satu komponen modifikasi paling populer. Body kit bisa diadopsi untuk semua aliran modifikasi, baik racing, elegan, simpel maupun ekstrem. Rumah modifikasi, toko aksesori hingga pabrikan menyediakan body kit untuk upgrade tampilan maupun aerodinamika. Body kit dengan beragam desain dan material, tak hanya bikin wajah mobil makin cakep, tapi juga ada nilai fungsinya guys.

Body kit awalnya merupakan salah satu upaya pabrikan untuk meminimalkan hambatan angin, meningkatkan daya cengkeram atau downforce dan stabilitas kendraan di kecepatan tinggi. Anatomi body kit dengan lips dan side skirt, dirancang untuk memperkecil masuknya angin ke bagian bawah mobil. Komponen tersebut membuat mobil tetap stabil dan tidak limbung dalam kecepatan tinggi.

Body kit terdiri atas bumper depan (front bumper), bumper belakang (rear bumper) serta bagian samping (side skirt). Selain ugrade tampilan, body kit sebenarnya punya fungsi teknis, meningkatkan kemampuan aerodinamika sebuah mobil. Pabrikan mobil maupun tuner modifikasi membuat body kit dengan desain untuk memaksimalkan fungsi aerodinamis mobil. Tiap bagian body kit memiliki fungsi masing-masing.

Bagian body kit, bumper dan side skirt, komponen ini dibuat untuk lebih mendekatkan jarak bodi ke tanah sehingga memperkecil masuknya angin dari bawah. Dengan demikian, pada kecepatan tinggi jadi mengurangi daya limbung atau efek melayang.

Dalam perkembangannya, body kit kemudian menjadi aksesori penting untuk modifikasi. Body kit membuat mobil jadi lebih stylish, lebih berkarakter hingga tampil personal dengan desain custom.

Body kit pabrikan mobil sebagai perangkat standar biasa disebut body kit Original Equipment Manufacturer (OEM). Jadi, kalau kita ingin menambahkan body kit tanpa repot belanja atau memilih berbagai desainnya, bisa memilih opsi yang sering disebut add-on.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close