Tips & Trik

Belanja Body Kit, Nih 5 Material Pilihannya

Belanja body kit itu perlu cermat dan cerdas. Apalagi saat menghadapi pilihan yang menggiurkan, beragam desain body kit di rumah modifikasi atau toko aksesori. Ada beberapa variabel yang mesti jadi dasar pertimbangan saat memilih body kit. Tak hanya soal desain keren, kelihatan cakep saja. Belanja body kit mesti memperhitungkan juga peruntukan atau kebutuhan, faktor safety dan terutama, material bod kit.

Ada beberapa jenis material body kit yang bisa jadi panduan belanja saat kita memilih body kit.

Fiberglass

Body kit dari material fiberglass bisa jadi pilihan bila budget kita terbatas. Fiberglass biasanya digunakan bengkel atau rumah modifikasi sebagi material body kit custom. Bahan ini relatif berat, namun bisa dengan mudah dibentuk sesuai keinginan atau kubutuhan kita. Fiberglass mudah dibentuk, pembuatan mould atau cetakannya mudah, tidak perlu mesin khusus dan bisa direvisi bila terjadi kesalahan atau cacat produksi. Jadi, cocok untuk yang ingin tampil personal dengan body kit custom atau ekslusif. Kekurangannya, dari segi keamanan tidak cukup baik. Body kit fiberglass mudah rusak, langsung pecah atau patah bila terkena benturan atau tabrakan.

Plastik PP (Polypropylene) Injection Molding

Body kit yang terbuat dari plastik biasa, karakternya hampir mirip dengan fiberglass. Keunggulannya, kekuatannya sedikit lebih baik, tidak mudah rusak atau pecah saat terkena benturan. Body kit plastik lebih presisi, cat lebih tahan lama, lebih tahan benturan. Namun, membuat cetakannya mahal, waktu pengerjaan lebih lama. Pembuatan body kit plastik harus dalam kuantitas besar atau massal agar tak tekor.

Plastik ABS (acrylonitrile butadiene styrene)

Body kit dengan material plastik ABS (acrylonitrile butadiene styrene) memiliki kekuatan yang sangat baik. Bahan ini ringan, fleksibel, tidak mudah pecah dan bisa diperbaiki atau dicat ulang. Kekurangannya, harganya terbilang mahal, di atas harga body kit fiber dan plastik biasa. Bila budget memadai dan mobil digunakan untuk sehari-hari, body kit plastik ABS bisa jadi pilihan pertama. Mobil harian sangat rentan mengalami kecelakaan, dari sekadar terserempet atau tabrakan dengan mobil lain, sehingga dibutuhkan material yang kuat dan bisa diperbaiki.

Carbon Fiber

Body kit karbon biasanya jadi pilihan pencinta modifikasi racing. Carbon fiber adalah plastik yang diperkuat serat karbon, material komposit dengan diperkuat oleh bahan fiber. Carbon fiber merupakan material body kit yang ringan, sehingga sangat efisien untuk mengurangi bobot kendaraan, cocok untuk mobil racing atau balap. Proses pembuatan body kit dengan carbon fiber juga terhitung mudah. Sayangnya carbon fiber hanya ampuh sebagai weight reducer, kekuatannya masih di bawah plastik ABS. Kekurangannya lagi, harga carbon fiber sangat mahal.

PU (Polyurethane)

Material PU atau polyurethane memiliki karakter yang kuat, tahan banting dan fleksibel. Bahan PU tergolong murah, ongkos cetakannya juga mirip bahan Fiberglass. Kekurangannya, bobotnya lebih berat dari fiberglass. Warnanya juga sulit, proses pengecatannya rumit dan bila terjadi kerusakan sulit untuk direparasi.

Artikel terkait

Back to top button