News

Fungsi Body Kit Mobil Dapat Meningkatkan Aerodinamika

Manfaat Body Kit Mobil

Body kit adalah seperangkat komponen tambahan atau aksesoris yang dipasang pada mobil. Biasanya terdiri dari beberapa bagian yaitu bumper belakang dan depan, side skirt, spoiler, bonnet atau bonnet scoop dan kadang-kadang scoop atap dan pelindung sisi depan dan belakang.

Fungsi Manfaat Body Kit Mobil

Body kit berguna untuk mengubah tampilan mobil secara cepat. Kendaraan akan menjadi tampak keren dan beda. Tetapi sebenarnya body kit tidak semata untuk mempermanis penampilan luar mobil. Ada hal lain yang tak kalah penting manfaatnya yaitu efek aerodinamis. Sudah banyak body kit yang dijual dipasaran yang didesain untuk mendapatkan manfaat efek ini.

Apa sih aerodinamis itu? Berasal dari kata Aerodinamika yang diambil dari bahasa Yunani. Merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari mengenai aliran udara.

Udara yang bergerak seringkali menjadi hambatan ketika kendaraan melaju seperti pada mobil, motor atau pesawat. Jadi efek aerodinamis adalah agar hambatan udara yang melewati kendaraan semakin kecil. Dan membuat mobil menjadi stabil ketika melaju dengan kecepatan tinggi di jalan.

Material Menentukan Kualitas Body kit

Agar dapat memaksimalkan fungsi body kit, memilih berdasarkan material yang digunakan pun menjadi hal yang penting. Secara umum ada tiga jenis material yang banyak digunakan pada body kit di pasaran:

    1. Material Plastik atau Polyurethane (PU)
      Material ini banyak digunakan di Indonesia dan biasanya sebagai bahan baku pembuatan replika body kit untuk merk mobil terkenal. Bahan ini lumayan populer dan biasa digunakan untuk body kit. Untuk material plastik ini terdiri dari 2 jenis plastik.
    2. Plastik pertama adalah plastik biasa dan harganya murah tetapi mudah pecah. Body kit yang banyak dijual di Indonesia adalah yang berbahan baku plastik jenis ini.
    3. Plastik kedua adalah Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) dengan karakter yang ekstra fleksible dan tidak mudah pecah. Kualitasnya jauh lebih baik daripada yang dibuat dari plastik biasa. Plastik ABS adalah material import sehingga harganya lebih.
    4. Material Karbon

      Material ini jarang digunakan untuk body kit. Harga yang cukup mahal yang menjadi alasannya.

      Tetapi harga yang mahal ini berbanding dengan kekuatan material ini. Karbon sanggup menahan benturan dari yang ringan hingga menengah. Jika mobil terbentur sesuatu, tidak mudah penyok. Dan bobotnya juga ringan meskipun tergolong kuat. Bobotnya yang ringan ini menjadikan karbon kerap diaplikasikan untuk kendaraan untuk mengurangi bobot kendaraan.

    5. Material fiberglass

Material yang paling populer diantara material lain. Bahan jenis ini cukup mudah dibentuk dan harganya pun dibandrol dari kisaran rendah hingga menengah.

Meski demikian, material fiberglass ini kurang lentur dan mudah pecah ketika terkena benturan atau tabrakan.

Body kit dan efek aerodinamis

Body kit yang digunakan secara teknis memiliki kegunaan memberikan efek downforce. Penggunaanya harus disesuaikan dengan letaknya. Seperti pada bagian-bagian yang biasa dilakukan orang pada umumnya.

  1. Spoiler Belakang

Selain untuk memberikan kesan sporty dan gagah, spoiler belakang berfungsi untuk membuat kendaraan melaju dengan stabil. Penggunaannya bertujuan untuk menahan gaya lift up belakang yang terjadi ketika mobil melaju kencang, agar mobil tidak terbang dan terpelanting.

  1. Bumper

Pemasangan body kit bumper untuk merendahkan ground clearance. Desainnya akan dibuat sedemikian mungkin agar angin semakin sedikit yang masuk ke bawah mobil. Hal ini bertujuan agar mobil tidak melayang dan mengurangi goncangan ketika dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

  1. Side Skirt

Sesuai namanya, body kit side skirt dipasang bertujuan untuk meminimalisir angin yang masuk ke bawah mobil melalui kiri kanan body mobil.

Yang harus diperhatikan ketika ingin memutuskan untuk membeli body kit mobil adalah dengan mempertimbangkan material bahan body kit, berat dan desainnya. Body kit yang terlalu berat akan menambah bobot mobil secara signifikan dan akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Desain yang dipilih haruslah yang memiliki efek aerodinamis yang baik sehingga saat melaju dalam kecepatan tinggi, dapat membantu memberi efek downforce sehingga mobil lebih menekan ke bawah dan tidak mudah goyang ketika melaju dalam kecepatan tinggi serta dapat meningkatkan kemampuan mobil untuk membelah angin. Berikut refrensi pembelian Body Kit untuk mobil Anda dapat dilihat pada link ini.

 

Artikel terkait

Back to top button