News

Panduan Belanja Grill, Stainless Steel atau ABS Injection?

Grill merupakan salah satu bagian eksterior mobil yang paling dominan menarik perhatian dan membentuk karakter mobil. Karena itu aplikasi grill aftermarket biasa jadi pilihan pertama saat melakukan modifikasi eksterior. Ubahan pada satu bagian ini saja, bisa menghasilkan kesan yang berbeda terhadap tampilan mobil secara keseluruhan.

Mengganti grill bawaan pabrik dengan grill aftermarket kini sangat mudah. Toko aksesori dan rumah modifikasi menyediakan grill aftermarket yang bisa dipasang secara plug n play. Tinggal copot grill lama, ganti dengan yang lebih eye catching. Pilihan brand, desain dan material grill pun kini semakin beragam. Nah bagian ini memang menyenangkan saat belanja modifikasi, tapi juga tricky. Selain desain, pahami juga material grill agar tak salah pilih guys…

Aluminium

Grill aluminium dikenal tangguh, kuat menghadapi berbagai faktor eksternal dan fleksibel. Aluminium merupakan material yang paling umum digunakan untuk produksi berbagai komponen modifikasi seperti grill radiator. Karakter aluminium yang liat atau kenyal, material ini digunakan untuk berbagai komponen modifikasi karena mudah dibentuk sesuai kebutuhan. Dalam produksi grill aluminium, biasanya ditambahkan campuran logam, magnesium atau silikon. Magnesium ditambahkan dalam ‘adonan’ agar grill yang dihasilkan lebih kaku dan kuat. Paduan aluminium, magnesium dan silikon biasanya digunakan pada grill radiator jip.

Stainless Steel 

Merupakan salah satu material paling populer untuk produksi grill. Stainless stell menghasilkan grill yang tahan karat dan kuat. Grill krom yang terlihat kinclong berkilau, biasanya dibuat dari stainless steel dengan campuran krom, untuk menghasilkan efek kilau yang lebih impresif. Grill stainless steel memiliki karakter kuat dan tahan benturan. Saat terjadi tabrakan, bisa jadi grill ini hanya bengkok, tak sampai pecah atau patah. Dengan tambahan krom, siap-siap jadi pusat perhatian karena tampilannya yang kinclong.

Plastik ABS Injection

Material ini sangat populer di dunia modifikasi. Plastik ABS Injection digunakan untuk produksi berbagai aksesori dan komponen modifikasi, dari body kit, garnish hingga grill. Plastik ABS Injection disukai produsen aksesori modifikasi karena karakternya yang sangat ringan dan kuat, meskipun tak setangguh aluminium atau stainless steel. Salah satu keunggulan grill ABS injection tentu saja ketahanannya, tak ada lagi problem korosi atau karat yang biasanya dihadapi pengguna aksesori logam. Plastik ABS Injection juga memberi keleluasaan untuk modifikasi dan tampil personal, karena grill dari material ini bisa dicat sesuai warna bodi, selera atau apapun kebutuhan kita.

Karbon 

Material paling mahal yang digunakan untuk membuat grill, karbon. Grill karbon, merupakan pilihan paling tepat yang tak hanya mengutamakan tampilan ekslusif, namun juga performa. Karbon memiliki ketahanan dan kekuatan di atas rata-rata, dan sangat ringan. Cocok untuk speed lover atau pencinta modifikasi racing.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close