News

Kunci Mobil Keselip? Gampang, Dimiskol Aja!

Sering mengalami stress karena lagi buru-buru, eh ternyata lupa dimana meletakkan kunci mobil?  Lalu ada yang bercanda, kuncinya dimiskol alias ditelpon. Sekarang, pasti dengarnya kesal. Tapi itu duluuu… Sekarang lelucon ini jadi kenyataan, kita bisa menelpon kunci mobil kita. Karena, teknologi sudah bisa menyulap handphone jadi kunci mobil.

Lelucon lama tersebut kini jadi kenyataan berkat teknologgi NFC, Near Field Communication. NFC memungkinkan smartphone disulap jadi kunci mobil. Pertengahan 2020 lalu, BMW mengumumkan sebagai pabrikan mobil pertama yang bisa menggunakan iPhone sebagai kunci mobil digital. Artinya, pemilik BMW bisa mengunci dan membuka kunci mobilnya, bahkan menyalakan mesin dengan iPhone-nya.

Tak pilih-pilih, BMW menyediakan teknologi tersebut untuk semua variannya yang diproduksi setelah 1 Juli 2020. dari BMW Seri 1 sampai BMW Z4, dapat menggunakan teknologi digital key yang disebut iX tersebut.

Dengan teknologi iX, kita bisa membuka pintu mobil yang terkunci dan menghidupkan mesin, selagi smartphone masih di dalam kantong atau tas. Inovasi ini diciptakan dari teknologi Ultra-Wideband (UWB) yang diklaim lebih aman, karena bisa mencegah pembajakan sinyal yang bisa membuka peluang pencurian mobil.

Enggak pakai produk Apple atau iPhone? Jangan sedih, pemakai smartphone Android juga bakal bisa menikmati teknologi digital key ini. Awal tahun 2021, Samsung berkolaborasi dengan Audi, BMW, Ford dan Genesis untuk mengembangkan aplikasi UWB pada smartphone terbarunya, Samsung Galaxy S21. Jadi, nantinya pemakai Samsung Galaxy S21 bisa mengunci dan membuka pintu mobilnya dengan handphone, selama mobilnya disupport teknologi yang kompatibel.

Samsung memperkirakan teknologi ini bisa mulai dinikmati sekitar awal tahun 2022. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut memang ingin jadi pionir peranti Android yang mengadopsi kunci digital UWB. Namun nantinya, sangat mungkin inovasi ini disematkan di semua smartphone. Kabarnya, produsen smartphone seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo kini juga tengah merencanakan upgrade teknologi UWB di produk-produk mereka.

Cakep ya? Mobil trendi, modifikasi keren, teknologinya juga canggih. Tapi hati-hati, jangan sampai kehilangan atau dicopet handphonenya ya…

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close