NewsNiaga

Kotaro Shimizu, Pucuk Pimpinan Baru Honda Di Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM) kini punya pemimpin baru. Seremoni penyerahan jabartan ini berlangsung di Jakarta 1 April 2022 lalu. Takehiro Watanabe secara resmi menyerahkan jabatan Presiden Direktur PT HPM kepada penerusnya, Kotaro Shimizu.

Kotaro Shimizu pertama kali bergabung dengan Honda pada 2001.  Sebelum ditugaskan di Indonesia, Shimizu telah ditugaskan di berbagai negara. Dimulai pada 2005 di Honda Vietnam Co., Ltd., kemudian dilanjutkan di Honda Automobile Thailand. Pada 2011, ia ditugaskan ke American Honda Motor, dimana ia dan Watanabe sempat bekerja berada dalam satu tim. 

Shimizu kemudian bertugas di Dong Feng Honda China pada tahun 2016,  kembali ke Honda Motor Co., Ltd. pada 2019 sebelum menjadi Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor di tahun 2022. “Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Honda dan saya sangat bangga diberikan kepercayaan untuk dapat memimpin Honda Prospect Motor,” ungkap Shimizu.

Sementara Presiden Direktur HPM sebelumnya, Takehiro Watanabe, menjabat sejak 2017. Selama masa kepemimpinannya, Watanabe bersama HPM telah  meluncurkan total 23 model mobil Honda di berbagai segmen. Termasuk beberapa model yang menjadi favorit saat ini seperti All New Honda BR-V, All New Honda HR-V dan Honda City Hatchback RS. 

Dalam masa kepemimpinan Watanabe, Honda Brio untuk pertama kalinya menjadi model dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada 2020. Tak hanya di pasar domestik, HPM juga memulai ekspor Honda Brio sejak April 2019 serta ekspor All New Honda BR-V pada Maret 2022.  Selama masa kepemimpinan Watanabe, Honda menerima 113 penghargaan dalam kurun waktu 2017 hingga 2022, termasuk salah satunya adalah Honda City Hatchback RS yang mendapatkan penghargaan sebagai Car of The Year 2021. 

Watanabe juga terus memperluas jaringan dealer di seluruh Indonesia. Sejak 2017 hingga bulan Maret 2022, HPM membuka 13 dealer baru, sehingga menambah total dealer Honda menjadi 156 dealer. 

“Banyak tantangan selama 5 tahun ini, terutama karena pandemi yang berdampak besar terhadap pasar otomotif di Indonesia. Meskipun demikian, saya bangga dapat memperkenalkan produk-produk yang berkualitas  untuk konsumen di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara,” kata Watanabe. 

Artikel terkait

Back to top button