News

Penyebab Kaca Mobil Buram / Berembun Saat Hujan

Kaca Mobil Buram Saat Hujan

Jangan abaikan bila menghadapi situasi tak mengenakkan ini, kaca buram saat berkendara di tengah hujan deras. Padahal wiper telah bekerja keras menyapu air di  kaca depan, namun tetap saja kaca tak jadi bening. Sapuan wiper masih menyisakan bercak-bercak buram di permukaan kaca depan. Tahu mengapa?

Penyebab Kaca Mobil Buram Saat Hujan

Penyebabnya cuma satu, Jamur..!!

Kaca yang buram dan terlihat seperti bercak-bercak saat hujan, terjadi akibat jamur yang tumbuh di permukaan kaca. Tak hanya menjengkelkan, jamur di kaca ini bisa membahayakan. Bercak atau buram karena jamur tersebut membuat visibilitas memburuk, hal yang sangat berbahaya saat berkendara dalam hujan.

Tak hanya membuat pandangan kurang jernih atau jelas, cahaya dari kendaraan lain yang berpapasan dengan kita juga jadi pendar atau menyebar akibat jamur tersebut. Jadi bukan cuma kulit manusia yang bisa terserang jamur atau panuan bila kurang dijaga kebersihannnya, hal serupa juga bisa terjadi pada kaca mobil.

Sama seperti pada bodi, jamur terbentuk pada kaca mobil karena permukaan kaca yang kotor. Air bekas cucian atau air hujan yang seringkali mengandung beragam kotoran, bila tidak langsung dibilas, tidak dilap bahkan dibiarkan kering sendiri oleh sinar matahari, merupakan cara paling gampang untuk mendapatkan masalah jamur.

Bila jamur sudah terlanjur merebak di kaca, perawatan biasa seperti mencuci dan mengelap saja tidak akan bisa mengatasi. Jamur harus dibersihkan dengan perawatan khusus, cairan pembersih jamur. Karena kaca depan sangat vital, tak hanya untuk tampilan tapi juga safety berkendara, proses pembersihannya pun mesti hati-hati.

Tempat cuci mobil atau salon mobil biasanya bisa mengatasi masalah jamur kaca ini dengan cepat. Namun langkah terbaik memang antisipasi. Jaga kebersihan kaca dengan cara yang sama dengan perawatan terhadap cat atau body mobil yaitu dengan membersihkan kaca mobil dengan membilas kaca depan dengan air bersih terlebih jika baru saja kehujanan. Bahkan bila hujannya hanya gerimis sekalipun. Lebih baik mencegah, daripada repot atau celaka saat hujan deras gara-gara kaca yang buram karena jamur. Jamur kaca tak hanya merusak penampilan, apalagi untuk mobil yang sudah tampil stylish dengan modifikasi, tetapi juga bisa mengancam keselamatan.

Artikel terkait

Back to top button