News

Gak Cuma Demi Kabut, Ini 5 Alasan Perlu Pakai Fog Lamp

Lampu merupakan komponen penting untuk sebualh mobil. Bukan hanya demi styling, tapi karena visibilitas merupakan syarat utama untuk berkendara nyaman dan aman. Modifikasi atau lampu aftermarket mesti dilakukan dengan mempertimbangkan hal ini juga. Lampu modifikasi pun mesti membantu driver untuk bisa melihat lingkungan dan pengendara sekitarnya dengan baik, sekaligus terlihat jelas oleh pengendara di sekitarnya.

Saat musim hujan, mobil tak hanya membutuhkan lampu utama atau lampu mobil sebagai sumber cahaya di bagian depan dan belakang mobil. Saat visibiltas memburuk karena cuaca, seperti hujan deras atau kabut, kita juga membutuhkan lampu pendukung lain, fog lamp. Fog lamp atau lampu kabut memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lampu utama atau headlamp, umumnya disematkan di bumper bawah.

 

Fungsi utama lampu kabut atau foglamp utamanya untuk menambah visibilitas saat berkabut atau hujan deras. Tapi tak hanya kabut, fog lamp juga punya banyak manfaat lain. Berikut 5 alasan kita perlu pakai fog lamp.

  1. Visibilitas di Kabut

Fog lamp standar pabrikan memiliki cahaya putih kekuningan, sehingga sangat membantu visibilitas kita saat berada di jalanan berkabut seperti dataran tinggi. Tak hanya membantu driver melihat jalanan, tapi juga membuat mobil terlihat oleh pengendara dari arah berlawanan.

  1. Visibilitas Saat Hujan Lebat

Fog Lamp akan terlihat lebih baik dibanding lampu LED atau HID saat berkendara di hujan lebat. Apalagi bila hujan sangat deras hingga jalanan seperti berkabut. Bayangkan saat kita melewati jalanan pegunungan yang berkelok seperti di kawasan Puncak, Jawa Barat. Fog lamp akan membantu driver melihat jalanan dan pengendara lain dari arah berlawanan melihat mobil kita.

  1. Styling, Bikin Mobil Lebih Keren

Fog lamp atau lampu kabut membantu mendongkrak tampilan wajah mobil jadi lebih modern dan stylish. Fog lamp kini jadi peranti standar mobil keluaran baru. Nah, untuk yang menginginkan tampilan lebih personal atau trendy, dapat mengadopsi berbagai fog lamp aftermarket yang lebih mahal, desainnya lebih eksklusif serta fiturnya lebih canggih. Sementara pemilik mobil lawas bisa make over wajah mobil jadi lebih stylish dengan fog lamp aftermarket di toko aksesori atau rumah modifikasi. Fog lamp aftermarket kini tersedia dengan berbagai desain dan fitur, dari LED, projector hingga sequential dan DRL (Daytime Running Light) .

  1. Fog Lamp DRL

Fog lamp bisa berfungsi sebagai tambahan penerangan dari lampu utama saat melewati area gelap seperti basement, terowongan, pagi buta atau senja. Posisi fog lamp di bagian bawah mobil, sehingga walaupun intensitas cahayanya relatif tinggi, fog lamp cenderung tidak membuat silau pengendara dari arah berlawanan. Terutama fog lamp dengan fungsi tambahan, DRL alias Daytime Running Light (https://www.rumahmodifikasi.com/product-category/eksterior/autolamp/drl/). Fog lamp berfungsi juga sebagai lampu jalan siang hari yang akan otomatis menyala begitu mesin menyala.

  1. Pendukung Stop Lamp, Mobil Lebih Terlihat

Terdapat 2 jenis fog lamp, Front Fog Lamp (lampu kabut depan) dan Rear Fog Lamp (lampu kabut belakang). Front fog lamp terdapat pada kedua sisi bumper depan. Sementara rear fog lamp terdapat di bagian belakang mobil, menyatu dengan lampu belakang mobil dan memancarkan warna merah terang. Fungsinya untuk mendongkrak safety. Tak hanya mengandalkan lampu belakang dan lampu rem, saat hujan deras atau kabut, rear fog lamp membuat mobil jadi lebih terlihat oleh pengendara di belakangnya.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close