News

5 Jenis Spoiler, Panduan Penting Belanja Body Kit Terkeren

Pabrikan seperti Mugen, TRD atau AMG memproduksi body kit dengan perhitungan cermat untuk memaksimalkan aerodinamika mobil. Tiap bagian body kit memiliki fungsinya masing-masing untuk mendapatkan aerodinamika, downforce atau aliran udara terbaik. Desain yang tidak tepat atau tidak adanya salah satu bagian dari body kit atau spoiler, akan mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan. 

Spoiler merupakan komponen penting untuk tampilan dan performa, pada modifikasi elegan maupun racing. Spoiler merupakan bagian dari body kit (https://www.rumahmodifikasi.com/product-category/eksterior/body-kit/), bisa diaplikasi per bagian maupun secara keseluruhan. Terdiri dari spoiler atau bumper depan dan belakang, side skirt atau bagian samping, serta bagian belakang, biasa disebut juga roof spoiler, ducktail atau wing. 

Mau pakai yang mana? Yuk pahami jenis-jenis spoiler, agar saat belanja modifikasi bisa memilih yang paling keren. 

Spoiler Belakang
Biasa disebut juga sebagai rear spoiler, dipasang di bumper belakang mobil. Modifikasi dengan apliksi spoiler belakang harus diimbangi juga dengan spoiler di bagian depan dan samping. Selain pertimbangan utama adalah estetika, pemakaian spoiler belakang saja dapat menyebabkan mobil sulit dikendalikan. 

Spoiler Depan
Aksesori ini diaplikasi pada modifikasi elegan maupun racing, dengan beragam variasi desain dan material. Spoiler depan terletak di bagian bawah bumper depan untuk mendekatkan jarak body mobil ke tanah. Hal tersebut dapat memperkecil aliran udara dari bawah sehingga mengurangi potensi limbung saat mobil sedikit terangkat dalam kondisi mobil yang melaju dengan cepat.

Lip Spoiler
Spoiler ini merupakan versi simpel dari spoiler depan. Lip spoiler umumnya digunakan untuk kebutuhan estetika atau ‘pemanis’ saja. Lip spoiler merupakan pilihan terbaik untuk yang menginginkan tampilan simpel namun tidak pasaran, pada mobil yang digunakan sehari-hari. Stylish, namun tetap mudah bermanuver di medan apapun.  

Roof Spoiler/Wing
Roof spoiler merupakan aksesori dengan fungsi serupa dengan wing pada sedan racing, namun untuk mobil tanpa bagasi seperti hatchback, city car, atau bahkan MPV. Roof spoiler ukurannya lebih kecil, tidak seperti wing yang cenderung lebih besar daripada spoiler lainnya dengan desain yang cukup kaku. 

Side Skirt
Bisa jug disebut spoiler samping, dipasang tepat di bagian panel bawah pintu di sisi kiri dan kanan. Bagian ini sebenarnya dibuat untuk mendekatkan jarak bodi ke tanah untuk meminimalkan masuknya angin dari bawah dan menambah downforce. Pada kecepatan tinggi mobil lebih stabil karena efek melayang berkurang. Namun kebanyakan side skirt ditambahkan karena estetika, untuk menyempurnakan fashion modifikasi saja

Image source by: WallpaperBetter

Artikel terkait

Back to top button