News

5 Alasan Honda Civic Estilo Masih ‘Hot Item’ Hingga 2021

Honda Civic Estilo pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1992 sebagai versi dua pintu Honda Genio. Dengan posturnya yang compact, Honda membekali hatchback dua pintu ini dengan mesin 1.600 cc, sehingga kemudian jadi primadona modifikasi. Mesinnya powerful, lekuk bodi dan desainnya pun atraktfi. 

Tak hanya pada masa awal kehadirannya, hingga kini Honda Civic Estilo masih bertengger di puncak popularitas. Tak hanya awet modis, harga jualnya pun awet tinggi. Tak main-main, untuk mobil yang masih dalam kondisi mulus dan prima, harganya bisa menyentuh angka Rp 300 juta. Luar biasa kan? Kenapa bisa begitu? Untuk yang lagi ngincer mobil legendaris ini, nih 5 alasan Honda Civic Estilo masih hot item hingga tahun 2021.

Barang Langka
Kapasitas pabrik Sunter Gaya Motor untuk memproduksi Honda Civic Estilo pada saat baru diperkenalkan pada 1992 dulu, masih berkisar 50 unit per hari. Sudah begitu, masa edar Honda Civic Estilo di Indonesia memang terhitung pendek, hanya sampai 1995. Akibatnya, populasinya relatif tidak banyak. Honda Civic Estilo juga sering jadi mobil modifikasi atau balap, sehingga unit dengan komponen orisinal sulit ditemukan.

Collector Item
Ini hukum dasar ekonomi, makin sedikit suplai sementara permintaan makin banyak, maka harga produk akan melejit. Begitulah yang terjadi pada Honda Civic Estilo, legenda modifikasi 1990an ini banyak jadi collector item. Banyak yang mencari, namun sedikit yang mau melepas. Akibatnya, harga di pasar mobil bekas pun jadi gelap. 

Aksesori dan Spare Parts Berlimpah
Dengan tampilan dasarnya yang atraktif, Honda Civic Estilo sangat mudah dimodifikasi. Aksesori dan suku cadangnya tersedia berlimpah, bahkan hingga sekarang. Toko aksesori dan rumah modifikasi menyediakan berbagai aksesori Honda Civic Estilo (https://www.rumahmodifikasi.com/?s=estilo&post_type=product). Aksesorinya tersedia dengan berbagai desain dan fitur kekinian, pemasangannya pun plug n play.  

Mesin Galak
Tak hanya tampilan atau eksterior, mesin Honda Civic Estilo juga sangat fleksibel untuk dioprek. Estilo yang dipasarkan di Indonesia dibekali mesin bawaan 1.600 cc SOHC 16 katup, belum dilengkapi VTEC untuk menekan harga jual di masanya. Mesin berkode D16 ini dapat menghasilkan tenaga sampai 120 HP. Anak racing mana yang tak terpikat coba? 

Paket Komplet
Honda Civic Estilo merupakan paket komplet. Hatchback ini punya lekuk bodi berkarakter racing, aerodinamik, sekaligus cantik. Pada masanya, mobil ini punya kompetitor Toyota Starlet. Namun, keterbatasan stok membuat Estilo lebih eksklusif. Honda Civic Estilo merupakan satu-satunya mobil dua pintu yang terjangkau di masanya dengan fitur lengkap. Dengan harga Rp 60 jutaan, Estilo dilengkapi Safety Belt dengan Pretensioner dan Force Limiter, Power Window, Central Lock, Power Steering serta Electric Mirror. 

Image source by: Kompas Otomotif

Artikel terkait

Back to top button