CuacaModifikasiNewsProduk

Musim Hujan Deras, Hati-Hati Pasang Fog Lamp, Bisa Kena Tilang Lho!

Fog lamp atau lampu kabut merupakan lampu mobil, yang berguna untuk memperjelas pandangan saat menempuh jalan berkabut atau pun saat hujan deras. Fog lamp merupakan peranti safety yang vital, terutama di tengah musim cuaca ekstrem dan hujan deras seperti awal tahun ini.

Fog lamp kini banyak disematkan sebagai peranti standar dari pabrikan, di kedua sisi di bawah headlamp di bumper mobil. Tapi walau sering digunakan, masih banyak pengendara mobil yang tak tahu aturan dalam menggunakan lampu kabut.

Kesalahan fatal yang dilakukan oleh banyak pengendara mobil adalah membiarkan lampu kabut mereka hidup terus-menerus. Padahal, dalam aturannya disebutkan bahwa lampu kabut hanya diperbolehkan untuk dinyalakan, saat kondisi jalan dipenuhi kabut atau pun sedang hujan deras. Cahaya lampu kabut yang lebih tajam dan pendarnya yang lebar, berisiko membuat silau pandangan pengendara lain, sehingga kecelakaan rentan terjadi.

Fog lamp standar dari pabrikan biasanya telah dipasang sesuai prinsip safety dan aturan hukum. Nah, untuk yang pasang fog lamp sebagai lampu tambahan atau modifikasi karena mobilnya tak punya fog lamp standar nih yang mesti pintar. Mesti paham juga aturan hukumnya, salah-salah bisa kena tilang lho.

Di banyak negara di Eropa, ada aturan detail mengenai pemakaian fog lamp. Di Indonesia, aturan dan syarat pemasangan fog lamp tertuang dalam PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Pada Pasal 34 ayat 1 berbunyi, kendaraan bermotor dapat dilengkapi dengan lampu kabut yang berjumlah paling banyak 2 (dua) buah dipasang di bagian depan kendaraan.

Pada ayat 2 dipertegas dengan persyaratan pemasangan fog lamp seperti lampu harus dengan cahaya warna putih atau kuning dan titik tertinggi permukaan penyinaran tidak melebihi titik tertinggi permukaan penyinaran dari lampu utama dekat.

Syarat lainnya adalah fog lamp dipasang pada ketinggian tidak lebih dari 800 milimeter, tepi terluar permukaan penyinaran fog lamp tidak melebihi 400 milimeter dari sisi terluar kendaraan, serta tidak menyilaukan pengguna jalan lainnya.

Pelanggaran terhadap aturan tersebut pun diatur dalam Pasal 279 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang menyebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas, dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000

Jadi, pastikan saat belanja dan pasang fog lamp di toko aksesori atau rumah modifikasi, warna hingga pemasangannya dilakukan dengan benar. Salah pasang fog lamp bisa membahayakan dan ada konsekuensi hukumnya. Jangan sampai salah guys…

Artikel terkait

Back to top button