Tips & Trik

Modifikasi Cakep Dengan Budget Ketat, Ini Jurus-Jurusnya

Modifikasi mobil itu seperti mendandani diri kita sendiri. Perlu strategi, dan tentu saja biaya. Hingga ada ungkapan, semua bisa cakep kalau dibiayain, asal ada uangnya. Lalu bagaimana kalau budgetnya ketat atau pas-pasan? Nah, disinilah pentingnya strategi. Kita masih bisa kok tampil cakep, asal pintar mengatur strategi dan menguasai jurus-jurus kuncian yang diperlukan. 

Modifikasi dengan hasil optimal masih bisa tetap dilakukan meski dana terbatas. Yang penting adalah strategi, menemukan aksesori atau komponen modifikasi yang tepat, toko atau rumah modifikasi yang tepat. Simak nih, tips belanja modifikasi buat yang budgetnya ketat. 

Tentukan Tema
Ini langkah wajib yang harus ditetapkan sebelum mulai modifisikasi atau browsing website atau online shop modifikasi, tujuannya agar fokus. Ada banyak tema modifikasi yang bisa diaplikasi, JDM (Japanese Domestic Market), retro, racing, elegan, offroad dan masih banyak lagi. Tentukan juga mau seberapa banyak modifikasinya, simpel untuk kebutuhan daily use atau bahkan ekstrem? Dari sini bisa diperkirakan kisaran biaya yang mesti dikeluarkan.

Lis Item Modifikasi
Setelah menentukan tema modifikasi, kita bisa menentukan item modifikasi apa saja yang ingin kita sematkan di mobil. Temukan referensi modifikasi, lalu buat lis item atau komponen modifikasi apa saja yang ingin kita adopsi. Ini bisa dilakukan sendiri atau berkonsultasi dengan rumah modifikasi kepercayaan. Buat lis modifikasi secara detail, dari item untuk ubahan eksterior, interior, audio hingga kaki-kaki atau mesin. 

Cek dan Bandingkan
Saat ini modifikasi makin mudah. Sumber referensi hingga toko aksesori dan rumah modifikasi makin banyak dan makin mudah diakses. Bahkan di masa pandemi saat kita mesti membatasi mobilitas pun, kita bisa mengakses banyak informasi modifikasi. Dari website, online shop hingga social media. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin, bandingkan antar brand, kualitas produk hingga harganya. 

Harga VS Kualitas
Berbagai toko aksesori kini menawarkan pilihan tak terbatas, aksesori modifikasi tersedia dalam berbagai desain, kualitas dan harga. Pilih dengan cermat, prioritaskan value over price. Artinya, jangan tergoda dengan tawaran harga murah saja, pertimbangkan juga kualitas produk yang akan dibeli. Lebih baik mengeluarkan harga yang sedikit lebih tinggi namun memiliki performa lebih baik, lebih tahan lama, lebih kuat, lebih baik output fungsinya. Lakukan pembelian dari toko atau rumah modifikasi terpercaya, makin baik bila produk yang dijual disertai garansi. 

Fokus dan Bertahap
Budget ketat, tapi keinginan begitu banyak. Kalau ini yang terjadi saat modifikasi, fokus kembali pada tujuan awal modifikasi. Apa yang diinginkan, tampilan yang istimewa, beda dari yang lain dan berkelas, kenyamanan atau sampai menang kontes? Lakukan ubahan secara bertahap namun terencana. Jadi meski kita belum bisa mendapatkan semua item modifikasi yang diinginkan, mobil tetap terlihat cakep dan makin cakep atau makin nyaman secara bertahap. 

Eksterior, Interior Atau Mesin Dulu?
Untuk memutuskan ini, tergantung pada tujuan awal modifikasi. Untuk tampilan eye catching atau kenikmatan berkendara. Bila yang diinginkan adalah tampilan, lakukan ubahan di bagian yang paling signifikan menghasilkan image yang beda, eksterior. Ini bisa dilakukan dari sekadar ganti lampu depan atau grill saja, sampai adopsi body kit berikut pelek. Pilih item sesuai budget yang tersedia. Bila menginginkan kenyamanan, modifikasi bisa dimulai ubahan di bagian interior dan audio mobil. Untuk yang menikmati kenikmatan berkendara saat mobil berlari kencang, tentu saja modifikasi bisa dimulai dari kaki-kaki atau upgrade performa mesin. Your choice, guys…

 

Image source by: ABP Live – ABP News

Artikel terkait

Back to top button