Tips & Trik

Lampu Depan Redup, Nih 6 Penyebabnya

Lampu depan mendadak nyalanya redup, tak lagi berkilau terang? Tak hanya merusak wajah glowing mobil modifikasi, lampu redup juga bisa berbahaya. Lampu depan redup harus segera diatasi karena menurunkan visibilitas saat berkendara malam hari atau cuaca buruk. Lampu redup bisa terjadi pada lampu standar maupun mobil modifikasi dengan lampu aftermarket. Bila ini terjadi, cek lampu atau konsultasikan dengan bengkel atau rumah modifikasi kepercayaan. Biasanya lampu redup terjadi karena 6 hal berikut.

Kualitas Bohlam

Kualitas bohlam sangat mempengaruhi intensitas cahaya yang dihasilkan lampu depan. Cahaya paling terang biasanya dihasilkan oleh bohlam LED. Namun kualitas bohlam yang kurang baik,cahaya terang yang dihasilkannya tidak tahan lama, lampu cepat redup. Bisa juga sekering lampu terganggu sehingga lampu redup, bahkan redup.

Relay Mati

Relay berfungsi seperti jembatan arus listrik utama dari baterai langsung ke lampu. Rangkaian utama relay terhubung saat saklar dinyalakan, sehingga lampu menyala terang. Relay yang mati atau longgar kontaknya dapat menyebabkan sinar yang dihasilkan lampu jadi redup.

Aki Lemah

Bila aki lemah berarti tegangan listrik di dalam aki juga lemah. Tak hanya lampu, komponen yang bekerja dengan listrik seperti lampu, starter atau klakson pun jadi lemah. Tapi kalau mobil masih bisa dinyalakan, berarti alternator masih sanggup menyuplai kebutuhan arus listrik.

Soket Meleleh

Lelehan di area soket menghambat aliran listrik yang masuk ke lampu sehingga cahayanya redup. Soket lampu biasanya meleleh karena longgar, tidak terpasang kokoh di dalam terminal lampu, sehingga terjadi loncatan elektron antar konduktor. Loncatan elektron ini meninggalkan panas yang membuat soket yang terbuat dari plastik meleleh.

Soket Karatan

Karat bisa menghambat aliran listrik sehingga lampu kurang terang. Bagian soket yang mengalami karat membuat tegangan yang masuk ke lampu menurun dan tidak dapat menyala secara maksimal.

 

Mika Kusam

Kalau semua komponen listrik kondisinya baik, lampu redup bisa terjadi karena cover atau mika lampu kusam. Penyebabnya bisa faktor usia, cuaca panas dan hujan, bohlam mengalami panas berlebih atau bocor. Akibatnya kaca atau mika lampu kusam atau kotor, baik di bagian dalam maupun luar.

Artikel terkait

Back to top button