Tips & Trik

Tips Hilangkan Baret Halus Di Body Mobil

Seiring berjalannya waktu pemakaian sebuah mobil, lambat laun cat pada body kendaraan tersebut akan banyak mengalami perubahan. Terlebih jika kurang perawatan yang maksimal. Seperti kusam pada cat dan baret-baret halus pada permukaan cat.

Biasanya hal ini disebabkan karena mobil berbenturan dengan benda keras lain seperti pembatas jalan, atau bersinggungan dengan kendaraan lain. Jika baret atau goresan yang terjadi tidak terlalu parah, kita tidak perlu terburu-buru membawanya ke bengkel. Kita bisa memperbaikinya sendiri di rumah dengan beberapa cara yang mudah.

Periksa Tingkat Keparahan Goresan

Perhatikan goresan yang ada pada permukaan cat body mobil. Kita dapat mengetahui tingkat keparahan dengan meraba bagian yang baret. Jika baret terlihat samar dan nyaris tidak ada perbedaan warna, berarti baret yang ada hanya ringan saja. Dan goresan yang dalam hingga terlihat perbedaan warna yang kontras, seperti warna logam berarti kerusakan yang terjadi termasuk parah.

Kerusakan pada cat yang parah tidak dapat kita perbaiki sendiri dan harus meminta bantuan bengkel untuk memperbaikinya. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari kerusakan lebih parah jika kita menanganinya sendiri. Hanya goresan ringan saja yang bisa kita atasi di rumah dengan cara – cara yang akan dijabarkan di bawah ini.

Mengatasi Baret Halus Pada Permukaan Cat Body Mobil

Cat mobil yang tidak lagi mulus lagi dapat merusak penampilan mobil. Beberapa cara dapat kita lakukan untuk menghilangkan baret halus pada body mobil, diantaranya:

  1. Menggunakan Odol

Untuk menghilangkan baret halus pada cat mobil, kita bisa menggunakan odol atau pasta gigi. Benda ini mudah ditemui karena di setiap rumah pasti memilikinya. Selain berguna untuk membersihkan dan merawat gigi, pasta gigi juga dapat dipergunakan sebagai pembersih untuk mengatasi kerusakan halus pada body mobil.

Sebelum mengaplikasikan cara ini, pastikan seluruh body mobil dalam keadaan bersih dan kering. Gunakan lap yang lembut dan basahi dengan air bersih. Tuangkan pasta gigi secukupnya kemudian usapkan pada permukaan mobil yang baret halus. Tidak perlu menekannya terlalu keras saat menggosok untuk menghindari terjadinya goresan baru. Lakukan gerakan memutar secara merata.

Tindakan ini hanya akan efektif jika dilakukan pada baret yang sangat halus dan tidak banyak bermanfaat untuk menghilangkan goresan yang agak berat.

  1. Menggunakan Obat Nyamuk Lotion

Cara sederhana lain untuk menghilangkan baret pada cat mobil bermodal bahan yang biasa ditemui di hampir setiap rumah adalah dengan menggunakan obat nyamuk lotion.  Selain berguna untuk menghindari gigitan nyamuk, cairan ini ternyata ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan menuangkan sejumlah obat nyamuk ini pada lap berbahan halus dan kering. Kemudian oleskan pada daerah yang mengalami kerusakan ringan. Dan gosok dengan halus tanpa tekanan selama 15 sampai 20 detik. Bilas permukaan yang baru saja digosok dengan air bersih dan keringkan dengan lap halus.

Untuk penggunaan obat nyamuk lotion hanya disarankan dalam keadaan darurat ketika tidak ada kompon. Kandungan kimianya terbilang cukup keras dapat merusak clear coat yang merupakan lapisan atas cat yang berguna sebagai pelindung. Jadi kita harus sangat berhati-hati dalam pengerjaannya.

  1. Menggunakan Kompon

Kompon bisa sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan baret ringan. Penghilang goresan pada cat mobil ini merupakan bahan kimia yang berbentuk krim. Cara kerjanya dengan mengikis bagian cat di sekitar goresan. Kemudian cat kikisan tersebut akan menutup bagian yang baret tersebut Daya kikis yang kuat dan umum digunakan oleh banyak orang adalah kompon yang berwarna putih.

Cuci mobil hingga bersih dan keringkan dengan lap microfiber terutama pada bagian yang ingin di aplikasikan kompon. Pastikan permukaan body mobil kering dan bersih dari debu.

Oleskan kompon kemudian lakukan pemolesan dengan gerakan yang cepat untuk menghindari kompon kering sebelum di poles.  Akan sulit dibersihkan jika kompon terlanjur kering dan cat body mobil akan timbul bercak. Lakukan gerakan memutar dan jangan terlalu ditekan, agar bagian yang terkikis di sekitar goresan tidak terlalu banyak dan berubah warna atau menjadi belang.

Mencegah Baret Halus Pada Cat Mobil

Mengetahui cara mengatasi permasalahan tersebut, bukan berarti kita bisa seenaknya dan tidak menjaga kondisi mobil. Hal terbaik adalah mencegah kerusakan pada cat mobil sebelum terjadi, meskipun kerusakan yang terbilang sangat kecil.

Untuk menghindari baret halus, kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Jangan menggunakan kemoceng atau lap kering ketika membersihkan debu yang menempel pada body mobil
  • Sebelum membasuh mobil dengan spons dan air sabun, pastikan debu sudah hilang tersiram air
  • Perhatikan kebersihan lap yang akan digunakan saat mencuci mobil. Jangan gunakan lap yang kasar dan berpasir. Pastikan selalu menggunakan lap yang bersih dan lembut
  • Tidak sekalipun menggunakan sabun cuci cream karena memiliki tekstur agak kasar
Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close