News

Tingkatkan Performa Mesin Dengan Turbocharger

Mesin mobil bertenaga turbo bukan hal yang baru di dunia otomotif, terutama pada mobil balap pada beberapa tahun ke belakang. Tetapi sekarang, tidak sedikit mobil yang mulai menyematkan turbocharger untuk mendongkrak performa kecepatan mesin.

Banyak orang yang belum tahu apa sebenarnya turbocharger dan bagaimana cara kerjanya sehingga bisa meningkatkan kecepatan kendaraan.

Apa itu turbocharger? Biasa dikenal dengan sebutan turbo, yang terdiri dari dua komponen yaitu turbin dan kompresor yang terhubung oleh satu shaft. Cara kerjanya dengan memanfaat gas buang yang dihasilkan oleh ruang pembakaran di kendaraan untuk memutar turbin. Fungsinya untuk menggenjot kecepatan dan torsi mesin tanpa harus memperbesar ukuran dan kapasitas mesin.

Cara Kerja Turbocharger

Turbin yang berputar mempengaruhi kompresor untuk ikut berputar. Hal ini disebabkan karena dihubungkan oleh shaft yang sama. Gerakan perputaran ini mampu mengkompresi udara yang akan dialirkan ke ruang bakar mesin.

Pada saat proses kompresi, tekanan udara akan meningkat dan berdampak pada suhu udara yang ikut naik. Udara yang dingin akan lebih padat dan banyak dibanding udara yang panas. Untuk itu udara perlu didinginkan terlebih dahulu di intercool sebelum dialirkan ke ruang bakar. Pembakaran dengan udara lebih dingin akan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena udara yang lebih padat dan banyak tadi membuat pembakaran menjadi lebih baik.

Besaran jumlah udara yang diinputkan akan mempengaruhi bahan bakar yang diinjeksikan. Semakin banyak udara yang diinputkan akan semakin besar bahan bakar yang diinjeksikan sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan juga akan semakin besar.

Tenaga yang dihasilkan oleh turbocharger 30 kali lebih besar dibanding tenaga mesin biasa. Atau bisa dibilang setara dengan 150 ribu rpm.

Namun, turbo hanya bekerja  pada rpm dan kondisi tertentu. Wastegate control valve berfungsi sebagai katup ketika turbo tidak digunakan. Komponen ini mengalihkan saluran gas buang agar tidak memasuki turbin saat turbocharge tidak digunakan. Selain itu wastegate control valve berguna untuk mencegah timbulnya tekanan yang berlebihan pada turbin.

Manfaat Turbocharger

Dari pengertian fungsi turbocharger baik itu bawaan pabrik ataupun penambahan/modifikasi mesin mobil dapat diketahui manfaat sparepart ini pada kendaraan, yaitu:

  1. Meningkatkan tenaga dan torsi mesin

Memasang turbocharger pada mobil bertujuan agar torsi dan tenaga mesin dapat ditingkatkan lebih maksimal. Dengan kombinasi bahan bakar dan rasio udara yang seimbang melalui pembakaran yang sempurna, akan dihasilkan tenaga mesin dan torsi yang meningkat.

Torsi dan tenaga mobil merupakan sesuatu yang berbeda. Torsi merupakan dorongan yang terjadi pada poros engkol dan piston yang akan menghasilkan gerakan perputaran. Torsi berkaitan dengan dorongan atau akselerasi kendaraan. Sedangkan tenaga mesin memiliki arti kecepatan yang dihasilkan oleh dorongan.

  1. Efisiensi pemakaian bahan bakar akan meningkat

Efisiensi penggunaan bahan bakar pada kendaraan dikarenakan turbocharger memiliki teknologi yang bekerja dengan mendaur ulang energi yang dihasilkan oleh mesin. Tenaga yang dihasilkan pun jauh lebih besar.

  1. Mengurangi emisi kendaraan yang membahayakan lingkungan

Selain peningkatan tenaga dan torsi serta penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, turbocharger dapat membantu menekan jumlah emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan. Hal ini berkaitan erat dengan kelestarian lingkungan dan polusi udara yang diminimalisir.

  1. Meningkatkan mesin berkapasitas kecil menjadi lebih besar

Jika pemilik mobil mesin berkapasitas kecil dan ingin mendongkrak laju dan kegesitan kendaraannya, maka memasangkan turbocharger merupakan pilihan yang paling baik. Dengan begitu mesin mampu meningkatkan tenaga dan torsi pada kendaraan roda empat kesayangan.

Meskipun mobil berkapasitas mesin kecil akhir-akhir ini menjadi pilihan di beberapa dikalangan masyarakat, tetapi beberapa dari mereka merasa jenuh dengan percepatan kendaraannya. Untuk itu, penambahan turbocharger pada mesin mobil menjadi pilihan yang sangat tepat.

Jika tertarik untuk memodifikasi mesin mobil dan menambahkan turbocharger di mobil anda, rumahmodifikasi.com menyediakan berbagai turbocharger untuk beberapa jenis kendaraan yang berbeda-beda yang bisa anda pilih. Tentu saja dengan harga  yang relatif ramah di kantong.

Tidak perlu kuatir akan kualitas barang yang dijual pada rumahmodifikasi.com. Meskipun harga yang dibandrol bisa dibilang murah di kelasnya, tetapi barang yang dijual disini merupakan barang yang tidak kalah bersaing dan dapat dijamin mutunya.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close