Tips & Trik

Lampu Mobil Mati Sebelah, Ini Kemungkinan Sumber Masalahnya

Lampu mobil mati merupakan masalah serius yang harus langsung diatasi. Lampu mati bisa mempengaruhi penampilan, keselamatan atau safety berkendara tentu saja, hingga membawa konsekuensi hukum. Menurut Undang-Undang Nomor 22 – 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, berkendara dengan lampu mati bisa diancam kurungan hingga 1 bulan atau denda hingga Rp 250.000.

Sebelum sampai kena tilang atau celaka, apalagi saat musim hujan dan cuaca ekstrem, pastikan lampu mobil dalam kondisi prima. Bahkan lampu modifikasi atau lampu aftermarket dengan desain, fitur  dan teknologi keren, bisa saja sewaktu-waktu mengalami masalah atau mati. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lampu mobil mati. Mulai dari bohlam putus, kabel bermasalah hingga sekring.

Lampu Mati Sebelah

Lampu mati sebelah, bisa juga dua-duanya, penyebab paling umum terjadi karena sekring putus. Sekring merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengaman yang mencegah aliran arus listrik berlebihan, saat terjadi korsleting pada kabel. Jadi bila sekring putus, periksa jalur kabel lampu. Bisa saja ada kabel yang putus, terkelupas, atau soket yang kendor.

Lampu mati bisa juga terjadi karena voltase yang tidak sesuai. Hati-hati saat ganti lampu atau modifikasi lampu mobil, seperti mengganti lampu pabrikan dengan lampu HID atau Halogen. Pastikan memilih lampu dengan spesifikasi yang sesuai. Paling aman, pilih lampu aftermarket yang memang dirancang untuk tipe mobil kita dan dipasang secara plug n play. Lampu aftermarket plug n play diproduksi sesuai kapasitas kelistrikan tiap tipe mobil, jadi tak perlu ubahan dan memperkecil risiko masalah karena voltase yang tidak sesuai.

Lampu Dekat Mati

Kasus ini paling sering terjadi, lampu dekat mati sementara lampu jauh masih hidup. Hal ini terutama karena lampu dekat bekerja lebih keras, lebih sering digunakan daripada lampu jauh. Masalah ini harus langsung diatasi, karena tidak mungkin terus-terusan berkendara dengan lampu jauh, apalagi di jalanan dalam kota.

Penyebab utamanya biasanya bohlam putus atu mati. Bila kondisi bohlam masih baik namun lampu mati, lagi-lagi, cek sekring, kondisi kabel, sambungan kabel dan soket-soket yang mengarah ke lampu utama. Masalah yang juga sering muncul, lampu dekat tak sampai mati, namun cahayanya meredup. Bila ini terjadi, kemungkinan berkaitan soket-soket atau kabel yang kendor, kurang menempel di bodi mobil karena baut berkarat atau kabel yang hampir putus.

Artikel terkait

Back to top button