News

Kapan Waktunya Ganti Oli Mobil?

Mengganti oli secara berkala akan salah satu upaya untuk menjaga performa mobil agar tetap baik. Banyak orang abai dan menyepelekan tahapan ini dalam perawatan mobil. “Ah, masih enak kok, nanti aja” adalah alasan klasik yang biasa diungkapkan orang.

Oli harus diganti secara berkala

Sebenarnya menyepelekan penggantian oli pada mesin mobil dapat merugikan dan akan membuat kita keluar biaya ekstra diujung harinya. Loh kok bisa? Alasannya karena fungsi oli pada kendaraan untuk memberi pelumas untuk meminimalisir gesekan pada komponen mesin. Jika pelumas kurang atau menurun kualitasnya, maka resiko aus pada komponen akan menjadi sangat besar dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan jauh berkurang. Bahkan akan terjadi kerusakan yang tidak ringan pada mesin.

Selain itu oli berfungsi sebagai pendingin terhadap panas yang disebabkan oleh proses pembakaran mobil. Akibat proses pembakaran ini akan menghasilkan karbon dan oksida yang dapat menempel pada spare part mesin. Disini oli pun beraksi membersihkan mesin kemudian melapisinya agar tidak terjadi korosi dan tetap awet.

Kapan waktunya ganti oli

Dengan melihat betapa pentingnya fungsi oli atas performa mobil, kita wajib tahu kapan mengganti oli agar mesin tetap terawat.

Ada hal -hal yang bisa dijadikan pedoman untuk mengganti oli, yaitu :

  1. Berdasarkan kilometer

Untuk pemilik mobil baru, mengganti oli awal – awalnya masih dengan antusias. Tentu saja! Selain karena masih sayang dengan kendaraan barunya, juga karena penggantian oli berkala pada kilometer tertentu tahap awal belum dibebankan pada pemilik kendaraan. Betulkan ? Tetapi akan menjadi malas ketika garansi penggantian oli berakhir. Jangan kendor bos, ini penting lho.

Penggantian oli full sintetik pada penggunaan normal kendaraan, dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 10.000 kilometer. Atau kurang lebih dalam waktu 6 bulan. Sedangkan penggantian oli yang bercampur dengan mineral ketika odometer menunjukkan angka 5.000 kilometer dan kelipatannya.

Perlu diingat, informasi di atas hanya pada penggunaan kendaraan dalam kondisi normal. Jika berkendara lebih banyak terjebak macet , jalanan banyak yang menanjak atau jalan rusak seperti offroad, penggantian oli sebaiknya dilakukan lebih cepat.

  1. Kartu Service Berkala

Mobil baru biasanya menyertakan buku panduan penggunaan. Pada buku tersebut tercantum berapa kilometer seharusnya kita mengganti oli. Tapi seringkali montir menyarankan untuk melakukan penggantian berkala lebih cepat. Hal ini menimbang kondisi jalan.

Setelah mengganti oli, biasanya kita akan diberikan kartu service berkala. Pada kartu itu tercatat nilai jarak tempuh dan tanggal kita harus kembali dan mengganti oli.

Kita dapat menggunakan tanggal dan kilometer pada kartu service berkala sebagai pedomannya. Jika jarak tempuh belum mencapai 10.000 tetapi sudah waktunya service, sebaiknya oli segera diganti.

  1. Getaran pada mesin mobil

Getaran yang terjadi pada mobil pada saat tidak melaju terdengar lebih keras menandakan oli mobil sudah perlu diganti. Mesin dengan oli yang masih baik, tidak akan mengeluarkan getaran dan suara terlalu keras.

  1. Akselerasi Mesin Terasa Berat

Ketika kondisi oli kualitasnya menurun, mesin mobil akan terasa berat berakselerasi. Ini juga penanda oli harus segera diganti. Hal ini disebabkan oleh gesekan komponen di dalam mesin semakin tinggi karena kondisi oli yang sudah tidak bagus lagi.

Untuk menjaga performa mobil, baiknya kita juga melakukan pengurasan oli. Pengurasan oli sebelum menggantinya dengan oli yang baru bertujuan untuk membuang semua kotoran yang mengendap pada bak penampungan oli. Biasanya pengurasan oli dilakukan setiap 2 kali penggantian oli.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan filter oli. Part ini berfungsi  untuk menyaring kotoran pada oli yang disebabkan oleh sisa karbon pembakaran atau serpihan logam kecil yang sangat halus karena reaksi kimia dalam ruang mesin. Ketika filter kotor, sirkulasi oli di ruang mesin akan terhambat. Bahkan kotoran pada oli bisa saja masuk pada spare part mesin yang akan menyebabkan kerusakan. Dan yang paling menonjol adalah oli mesin akan cepat kotor meskipun belum lama diganti.

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close