News

Cat Mobil Tetap Kinclong, Begini Cara Perawatannya

Merawat mobil secara keseluruhan akan menjaga kondisi kendaraan menjadi lebih awet. Tetapi banyak orang yang mementingkan perawatan mesin dan abai terhadap perawatan body mobil. Sebenarnya merawat cat mobil agar tetap terlihat mengkilat tidak harus selalu pergi ke salon mobil dan membuat kita keluar uang ekstra. Kita tetap bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara yang tidak terlalu ribet.

Kondisi cat mobil yang tetap terlihat mengkilat bisa meningkatkan percaya diri pada pengendaranya. Dan kondisi cat mobil bisa mencerminkan pribadi penggunanya, apakah terbilang orang yang apik atau jorok lho.

Perawatan cat mobil

Agar cat mobil tetap terjaga kualitasnya dan kelihatan mengkilap, kita bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Cuci mobil secara rutin

Mobil yang dipergunakan akan sering terkena debu dan asap knalpot kendaraan lain yang mengandung karbon. Jika dibiarkan, akan menempel dan sulit dibersihkan hingga mempengaruhi daya tahan cat. Untuk menghindari kerusakan cat tersebut kita harus rutin mencucinya. Mobil yang dipakai untuk harian dicuci lebih sering dibanding mobil yang dipakai sesekali. Sebaiknya dicuci 2 hari sekali. Tetapi akan lebih baik jika dicuci setiap hari. Terutama setelah dikendarai di bawah siraman hujan. Air hujan mengandung karbon dan asam yang sangat beresiko merusak cat. Korosi dan jamur mungkin juga timbul pada bagian – bagian tertentu jika tidak dicuci segera.

Gunakan shampo khusus untuk mobil . Kita harus pastikan bahwa shampoo yang digunakan ber ph balance alias yang mendekati ph 7. Agar resiko cat kusam dan baret akibat shampoo bisa hindari.

Perhatikan juga waktu saat mencuci mobil. Sebaiknya dilakukan setelah jam 5 sore atau pagi sebelum jam 8. Hal ini untuk menghindari sinar matahari yang akan mempercepat sisa air pencucian mengering. Akibatnya pada cat mobil akan tampak kerak dan noda.

Keringkan mobil segera dengan lap microfiber atau lap PVA sponge yang lebih familiar dengan sebutan Kanebo setelah proses pencucian selesai.  Untuk menghindari timbulnya kerak akibat sisa air cucian.

  1.  Gunakan Clay Bar

Beberapa noda membandel dan tidak hilang hanya dengan mencuci mobil. Biasanya noda-noda itu berasal dari cipratan aspal jalanan atau getah pohon akibat parkir di bawah pohon.

Membersihkannya dengan clay bar bisa menjadi solusinya. Ini juga bisa  untuk menghaluskan kembali permukaan cat yang mulai kasar. Daya rekatnya terhadap debu sangat kuat. Itu sebabnya clay yang sudah jatuh, harus dibuang dan tidak dipakai lagi. Dikuatirkan pasir yang menempel pada clay yang jatuh tadi akan menggores cat mobil ketika digunakan.

Clay bar terbuat dari tanah liat (alami) dan resin (sintetis). Dan yang banyak dijual dan dikhususkan untuk cat mobil adalah clay sintetis.

Pastikan mobil sudah benar-benar bersih dan dicuci sebelum melakukan pembersihan pada tahap ini. Semprotkan permukaan cat dengan cairan quick detailer atau kita bisa membuat sendiri dengan shampoo mobil yang dicampur air. Potong sedikit clay bar agar bisa dibulatkan dalam kepalan tangan. Kemudian pipihkan hingga mudah dipegang. Gosok body mobil yang sudah disemprotkan cairan pembersih dengan arah maju mundur / naik turun. Jika permukaan clay sudah kotor, lipat clay untuk mendapatkan permukaan yang bersihnya pada sisi lain.

Keringkan dengan lap microfiber jika dirasa kotoran sudah hilang dan penggosokan selesai. Lakukan sedikit demi sedikit jangan langsung sekaligus untuk menghindari cairan pembersih kering sebelum pengerjaan.

  1. Waxing dan Poles

Untuk membuat mobil lebih kinclong adalah proses poles dengan menggunakan wax. Ini berguna untuk menghindari kekusaman pada cat. Poles body mobil hanya boleh dilakukan sesekali saja, karena dapat membuat cat menjadi tipis.

Cara memoles tidak sulit. Balurkan wax pada bagian cat yang ingin dipoles dengan menggunakan spon. Kemudian dengan lap microfiber gosokkan permukaan yang sudah dilumuri wax tersebut dengan gerakan memutar dan searah.

Kita juga bisa menambahkan cairan coating pada permukaan cat yang sudah di wax. Ini ditujukan agar cat tetap terlindungi dari debu dan sinar matahari yang akan membuat cat menjadi kusam.

Agar cat mobil bertahan mengkilap lebih lama:

  • Baiknya selalu menghindari dari cuaca ekstrim. Tidak memarkirkan mobil pada tempat terbuka. Ini resiko mobil terkena sengatan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama dan juga hujan.
  • Tidak malas menggunakan penutup mobil ketika parkir di rumah, terutama pada garasi yang terbuka. Dengan ini mobil dapat terlindungi dari debu.
Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Cek juga
Close
Back to top button
Close