Body CareTrendingTutorialUnggulan
Trending

5 Cara Gampang, Bersihkan Kabin Mobil, Bebas Kuman dan Penyakit

Makin merebaknya Covid-19 atau virus corona mesti dihadapi dengan bijak. Lupakan panik, tapi kita mesti lebih rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan, termasuk dalam kabin kita. Bagi manusia modern, mobil sudah menjadi seperti rumah kedua dimana kita banyak menghabiskan waktu di dalamnya.

Kita tak hanya menyentuh bagian tertentu, tapi juga tidur, bekerja hingga makan di kabin mobil. Virus corona menyebar dan menginfeksi dengan sentuhan langsung, baik dengan penderita maupun cairan tubuh yang menempel di lingkungan kita, termasuk kabin mobil. Untuk memastikan kita tak menebar atau terpapar penyakit, Covid-19 maupun flu dan batuk biasa, pastikan kita selalu menjaga kebersihan kabin mobil kita.

Yuk, mulai lakukan 5 kebiasaan ini.

Pembersih Interior Beralkohol 

Secara berkala, seka interior dengan lap yang mengandung pembersih, desinfektan atau alkohol. Apalagi bila kita biasa masuk mobil setelah berinteraksi dengan banyak orang atau berada di keramaian, atau mengangkut beragam penumpang dari teman nebeng sampai taksi online. Bersihkan setir, door trim dan handle pintu, dashboard serta cup holder. Bagian-bagian ini paling sering kita sentuh dan jadi tempat mendaratnya cairan atau kuman saat kita batuk atau bersih.

Gunakan lap kain lembut seperti micro fiber dan cairan pembersih yang tepat agar tidak merusak permukaan pelapis interior seperti kulit atau suede. Semprotkan cairan pembersih ke kain mikro fiber, lalu usap secara perlahan dengan gerakan searah. Lakukan hingga kotoran terangkat dan keringkan dengan kain mikro fiber yang berbeda.

Cuci Karpet 

Keluarkan, sedot dengan vakum, kalau perlu cuci karpet mobil, setidaknya seminggu sekali. Kebiasaan ini membantu menyingkirkan kotoran yang jatuh atau terbawa sepatu kita. Karpet kotor, apalagi lembab, bisa jadi sumber bau apek dan sangat disukai oleh kuman. Cuci dengan sabun dan air mengalir, jemur hingga benar-benar kering. Untuk mematikan jamur, bisa gunakan soda kue. Vakum lantai mobil hingga bersih, sebelum melapisinya kembali dengan karpet yang telah bersih.

Vakum Mingguan 

Tak hanya bagian lantai, saat karpet-karpet mobil dikeluarkan, vakum seluruh bagian mobil. Lantai, jok dan sudut-sudut di antara jok dan lipatan jahitan, hingga kolong-kolong jok dan bagasi. Karena sulit dijangkau, bagian-bagian ini sering jadi tempat menumpuknya kotoran dan jadi sarang kuman dan binatang seperti semut atau kecoak. Apalagi kalau pelapis jok dari kain, kotoran yang mengandung cairan bisa membuat jok jadi lembab yang disukai kuman dan jamur. Kalau perlu seka dengan sabun, setelah dibilas, pastikan benar-benar kering.

Baking Soda

Bahan dapur ini sangat berguna untuk menyingkirkan bau tak sedap dan noda di mobil, seperti di jok atau door trim. Tebarkan sedikit di sudut2 kabin mobil, baking soda membantu membunuh kuman dan jamur yang tumbuh karena kabin yang lembab.

Salon Mobil atau Pembersih Profesional

Yak, bagian ini memang butuh budget lebih. Tapi selain cuci mobil, sebaiknya secara berkala serahkan mobil pada ahlinya untuk benar-benar dibersihkan secara total. Apalagi bila kita sering mengangkut banyak orang atau beraktivitas di keramaian. Salon mobil atau profesional memiliki skill dan alat yang bisa membersihkan bagian-bagian yang tak terjangkau tangan amatir kita. Lebih baik siapkan budget, daripada jadi sarang kuman dan penyakit kan…

Tag
Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close