Kapan Sebaiknya Aksesoris Eksterior Kamu Diganti? Tinggalkan komentar

Aksesoris eksterior setiapmobil sama halnya dengan mobil lainnya dan memiliki masa pakai yang terbatas. Oleh karena itu, kamu harus sering mengeceknya agar mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggantinya agar tidak membahayakan saat digunakan. Terutama pada tiga bagian penting seperti lampu depan, wiper, hingga ban. Berikut adalah ulasan kapan sebaiknya aksesoris eksterior mobil kamu diganti.

Mengganti Lampu Bagian Depan

Lampu bagian depan adalah aksesoris eksterior mobil yang paling vital, hal ini dikarenakan lampu depan menjadi sumber utama penerangan di saat malam hari atau saat kabut yang membuat pengendara menjadi semakin nyaman dan menjaga keselamatan. Biasanya bohlam lampu depan bawaan pabrik memiliki masa pemakaian yang tidak lama, sehingga kamu pun harus menggantinya pada saat-saat tertentu. Untuk mendapatkan bohlam lampu mobil juga tidak sulit dan bisa kamu dapatkan di toko-toko suku cadang hingga dealer resmi.

Kapan sebaiknya mengganti lampu bohlam mobil? Pertama adalah saat cahaya yang dipaparkan oleh lampu mulai meredup dan tidak terang lagi. Kedua adalah ketika terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan, ini penting untuk kamu ganti karena jika tidak dikhawatirkan akan merembet pada kerusakan bagian lain yang dapat membahayakan pengendara. Ketiga adalah saat kondisi lampu menyala dalam keadaan normal, namun bohlam sudah berwarna hitam (gosong) karena ruang lampu tersebut menjadi panas.Jika gejala tersebut terjadi pada lampu depanmu, kamu bisa menggantinya dengan lampu depan agar aksesoris eksterior mobil dapat berfungsi dengan baik.

Mengganti Wiper

Wiper kerap kali dianggap sepele oleh sebagian pengendara, namun jangan salah wiper sebenarnya memiliki fungsi penting untuk menjaga pandangan pengendara saat kabut atau saat hujan. Maka dari itu, kamu juga perlu mengetahui batasan umur dari aksesorismobil ini sebab karet wiper yang berfungsi menyapu air dan kotoran memiliki batas kemampuan. Sebaiknya jangan sampai saat hujan turun wiper kamu justru bermasalah, jelas ini akan mengganggu pandangan dan bisa menganggu keselamatan pengendara maupun penumpang mobil.

Idealnya, karet wiper kamu ganti secara berkala setiap enam bulan sekali atau dalam waktu satu tahun sekali tergantung pemakaian dan kemampuan wiper iu sendiri. Cara lain untuk mengganti wiper adalah dengan memperhatikan kilometer kendaraan, setiap 10 ribu kilometer sebaiknya kamu ganti wiper tersebut dengan menggunakan aksesoris interior mobil terbaru. Lalu, komponen lain apa dan kapan waktu yang tepat menggantinya? Kamu bisa simak ulasan berikutnya.

Mengganti Ban Mobil

Komponen aksesoris eksterior mobil selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah ban kendaraan. Seiring berjalannya waktu, ban mobil akan mengalami habis usia pakai atau aus dan akan sangat berbahaya jika kamu memaksa menggunakan ban tersebut untuk perjalanan terutama lagi perjalanan jauh pada musim penghujan. Waktu mengganti ban tersebut dapat dilihat dari kondisi fisiknya, apakah ada benjolan, robek ataupun cacat pada dinding ban.

Berikutnya adalah kamu perlu memeriksa tapak bannya, ban baru memiliki tapak yang jelas. Kamu pun bisa melihat pada tread wear indikator atau masa pakai tapak ban yang berada di sela alur-alurnya, jika tinggi permukaan ban sama dengan indikatornya kamu sudah saatnya untuk mengganti ban tersebut. Cara lainnya adalah kamu bisa mencobanya dengan mengendarai, jika dirasa tidak rata ata terdapat getaran, berarti kemungkinan masa pakai ban kamu sudah aus.

Bagaimana dengan mobil kamu, sudahkah memastikan kapan sebaiknya untuk menggantinya dengan aksesoris eksterior mobil yang baru?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Daftar
Masukkan alamat email Anda yang terdaftar di Rumah Modifikasi. Kami akan mengirim link ke email Anda untuk membuat kata sandi baru.
Atau masuk dengan
Data Pribadi Anda hanya kami pergunakan untuk Proses Pembelian dan tidak akan kami sebarkan ke siapun.
WhatsApp chat WhatsApp
  • Daftar
Masukkan alamat email Anda yang terdaftar di Rumah Modifikasi. Kami akan mengirim link ke email Anda untuk membuat kata sandi baru.
Atau masuk dengan
Data Pribadi Anda hanya kami pergunakan untuk Proses Pembelian dan tidak akan kami sebarkan ke siapun.