Tips Saat Hendak Beli Mobil Bekas

Mobil sudah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat kita akhir-akhir ini. Namun tidak semua orang memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil baru. Untuk menyiasati hal ini karena kebutuhan yang besar akan kendaran beroda empat ini, tidak sedikit yang memilih untuk membeli mobil bekas. 

Sekalipun tidak semua mobil bekas kondisinya sudah tidak bagus, beberapa masih sangat baik bahkan nyaris seperti mobil baru. Pada kenyataanya membeli mobil second tidak semudah membeli mobil baru. Beberapa hal harus benar-benar diperhatikan agar tidak salah memilih mobil. Kesalahan memilih mobil bekas yang dibeli, akan membuat masalah di masa yang akan datang. Alih-alih menghemat biaya pembelian mobil, kita akan dirongrong oleh biaya perbaikan yang nilainya sangat besar.

Untuk itu kita harus sangat teliti dalam memilih mobil yang akan dibeli. Jangan terburu-buru dan terburu nafsu. Perhatikan hal-hal berikut sebelum membeli mobil bekas:

  1. Tetapkan Jumlah Dana untuk Membeli Mobil Bekas

Temukan unit yang sesuai dengan dana yang tersedia. Pastikan apakah tampilan, performa atau fitur yang dimiliki yang menjadi patokan untuk mencari mobil bekas yang diinginkan. Sebisa mungkin memilih kendaraan yang diinginkan lebih murah harganya dibanding dengan budget yang sudah disediakan. Hal ini berguna ketika ada keinginan mengganti beberapa komponen mobil ketika sudah dibeli. Atau ketika belum lama membeli sudah terjadi kerusakan pada mobil dan harus dibawa ke bengkel.

  1. Berhati-hati dengan Penawaran Harga Murah

Jika mendapat penawaran harga yang miring, sebaiknya berhati-hati dan lebih teliti dalam memeriksa kendaraan yang dijual sebelum dibeli. Ada istilah ‘harga tidak akan menipu’ yang artinya harga yang dibayar biasanya sesuai dengan barang yang dibeli. Meskipun bukan berarti tidak ada orang yang menjual mobil berkualitas bagus dengan harga yang murah. Tetapi kita tetap harus tetap waspada jika harga yang ditawarkan dibawah rata-rata harga pasaran.

Tidak sedikit penjual yang memasang harga murah hanya untuk menarik perhatian pembeli untuk datang ke showroom. Atau menjual kembali mobil bekas kecelakaan dan banjir dengan harga yang murah.

  1. Periksa Secara Teliti Kondisi Mesin

Bagian terpenting untuk melihat kondisi mobil adalah dengan memeriksa kondisi mesin. Buka kap depan dan perhatikan kondisi yang ada. Mesin yang baik akan mudah di starter, suaranya halus tidak kasar dan tidak terdapat kebocoran pada komponen mesin.

Lakukan tes drive di jalan raya untuk merasakan performa mesin. Perhatikan juga fungsi rem, kaki – kaki mobil dan fungsi transmisi mesin. Pastikan mobil masih terasa nyaman ketika dibawa berkendara.

Meski dapat dilakukan sendiri, tidak ada salahnya membawa teman mekanik untuk ikut membantu mengecek kondisi mesin mobil. Orang yang berpengalaman dan terbiasa mengecek mesin dapat mengurangi resiko terlewatnya kerusakan pada bagian tertentu. 

  1. Periksa Interior, Aksesoris dan Body Mobil

Beberapa indikasi mobil pernah terendam banjir adalah adanya bau apek pada interior mobil dan ada lumpur atau karat baru pada pengait seatbelt. Periksa fungsi aksesoris mobil seperti AC, sound system, switch lampu dan tuas wiper. Jangan lupa juga untuk memeriksa fitur keamanan seperti seatbelt untuk memastikan masih berfungsi dengan baik.

Duduklah di belakang kemudi dan rasakan setir jika terasa masih baik atau tidak. Perhatikan masih bagus atau tidak dashboard, jok penumpang depan dan belakan serta karpet mobil.

Periksa bagian keorisinilan interior seperti pintu, kap mesin dan kaca mobil. Perhatikan hal utama pada body mobil yaitu rangka utama atau chasis mobil. Pilih hanya kendaraan yang masih memiliki cassis dengan kondisi prima dan tidak ada bekas kecelakan.

  1. Catatan Service

Penting untuk memperhatikan apakah pemilik terdahulu rajin menservice kendaraannya. Hal ini terkait dengan kesehatan dan performa mesin dari mobil yang akan dijual. Pilihlah mobil yang biasa di service pada bengkel resmi, jika hal ini memungkinkan. Hal ini dapat membantu melihat keaslian odometer pada mobil yang kita inginkan.

  1. Periksa Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Jika sudah menemukan mobil yang diinginkan dengan kondisi baik setelah diteliti secara seksama, dokumen harus lengkap sebelum masuk pada tahap pembayaran. Surat-surat yang harus ada adalah BPKB, STNK, Faktur pembelian dan form A jika mobil yang dibeli adalah mobil built up. 

Pastikan nama yang tertera pada BPKB dan STNK adalah nama asli pemilik kendaraan. Dan pastikan pula nomor rangka kendaraan sama dengan nomor yang ada pada rangka mobil.

Penting sebagai catatan untuk tidak tergesa-gesa dalam membeli mobil bekas. Bandingkan harga kendaraan dengan beberapa dealer dibarengi dengan pengecekan secara teliti dan cermat dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas agar terhindar dari penipuan dan kerugian.

Keranjang

close