Tips dan Trik Modifikasi Mobil untuk Pemula

Untuk anda yang baru kali pertama berkeinginan memodifikasi mobil ada hal- hal yang harus perhatikan. Apa saja tips dan trik yang harus diperhatikan sebelum memodifikasi mobil, berikut penjelasannya :

1. Mobil

Tahap awal adalah pastikan ada mobil yang akan di modif. Jika yang  ingin dimodifikasi mobil baru dan masih dalam tanggungan asuransi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak asuransi, apa saja modifikasi yang dapat dilakukan pada mobil tertanggung agar asuransi tidak gugur akibat modifikasi.

Atau jika tertarik dan ada keinginan membeli mobil pre owned atau mobil bekas untuk dimodifikasi, ada baiknya pertimbangkan hal-hal seperti detil model dan jenis mobil apa yang tampak keren setelah dimodif , kondisi mobil yang masih sehat dan lain sebagainya agar dapat sesuai keinginan dan sesuai dengan ekspektasi.

Tapi jika mobil yang akan dimodif sudah tersedia dan sudah diputuskan bahwa mobil tersebut yang akan dimodif, maka perhatikan langkah – langkah selanjutnya. 

2. Jenis Modifikasi Yang Diinginkan

Tahapan berikutnya adalah menentukan jenis modifikasi mobil yang akan dilakukan. Apakah akan modifikasi eksterior, interior, mesin mobil atau bahkan secara keseluruhan. 

Untuk modifikasi eksterior mobil contohnya seperti pemasangan wrapping sticker  yang meliputi jenis apa yang baik dipasangkan pada body mobil, merk sticker yang digunakan, pemasangan untuk full body mobil atau hanya dibagian-bagian tertentu saja; polish dan yaitu dengan mencari tahu jenis coating dan ketahanannya;  mengganti velg dengan velg aftermarket yang sporty yang memberi kesan gagah dan elegan pada mobil atau mengganti knalpot dengan knalpot racing yang suaranya garang dan menggema.  

Sedangkan modifikasi interior seperti mengganti sarung jok dengan jok kulit atau semi kulit/sintetis agar tahan kotor dan noda, mengganti sarung stir agar senada warnanya dengan jok mobil atau merubah semua bagian kain pada interior mobil dengan bahan kulit tau sintetis agar tampak  dan nyaman; memasang atau menambah sound system pada bagian belakang atau bagasi mobil dan  bahkan memasang monitor pada headrest jok mobil.

Baik modifikasi interior atau eksterior, untuk keduanya penting mencari tahu tentang kualitas produk dan harganya sebagai bahan pertimbangan.

3. Mencari Informasi Tentang Modifikasi Mobil

Jika sudah menentukan bagian mana saja yang akan dimodif maka sebagai pemula, baiknya mencari lebih banyak informasi mengenai modifikasi mobil tersebut. 

A. Mencari Referensi 

Mengapa perlu mencari referensi? Karena dengan referensi, informasi yang baik itu spek material yang digunakan beserta harga dan kualitas pengerjaannya akan lebih valid.

B. Banyak berkomunikasi dengan senior Otomotif

Hal ini berguna untuk menambah wawasan tentang “Do or Don’t” terhadap kendaraan yang akan dimodifikasi.

C. Ikut dan bergabung dengan komunitas dan forum

Carilah komunitas yang sesuai dengan keinginan dan memberikan feedback yang bermanfaat untuk menambah informasi tetang modifikasi yang diinginkan.

4. Menabung

Jika sudah dapat menentukan modifikasi yang diinginkan, maka ada baiknya mempersiapkan finansial yang memadai untuk melakukan modifikasi. Karena sekalipun banyak pilihan modif dengan harga yang murah meriah, namun untuk hasil yang maksimal dan memenuhi ekspektasi pasti lebih baik memodifikasi mobil dengan menggunakan produk-produk yang sudah ternama, dan tentu saja harganya lebih mahal. Karena ada rupa ada harga. 

Demikian hal-hal yang harus diketahui bagi pemula modifikasi mobil agar hasil yang didapat akan maksimal dan tidak kecewa atas biaya yang dikeluarkan.

Keranjang

close