Solusi Lampu Mobil Kurang Terang

Headlamp atau lampu utama mobil adalah penerangan utama mobil. Ini berfungsi untuk membantu penglihatan pengendara melihat jalan dalam kondisi minim penerangan di malam hari. Jika lampu utama tidak cukup terang akan sangat beresiko karena jarak pandang sangat terbatas. Selain membahayakan diri sendiri, kondisi ini tentu saja akan membahayakan pengguna jalan lain.

Masalah yang sering ditemukan pada headlamp biasanya lampu tidak terang di rpm rendah atau tinggi, lampu mobil mati sebelah atau tidak terang sebelah dan lampu berembun.

Lampu mobil merubah arus listrik menjadi cahaya. Umumnya lampu mobil menggunakan lampu halogen. bohlam menghasilkan cahaya dengan menggunakan sejenis kawat halus yang bernama filamen. Filamen ditempatkan di dalam bohlam yang sudah diisi gas halogen agar cahaya yang dihasilkan bisa lebih terang. Lampu tidak akan berfungsi jika filamen putus.

Jenis lampu lain yang sekarang banyak dipakai adalah jenis LED projector. Jenis ini alih-alih menggunakan filamen , lampu ini menggunakan dioda yang menjadikannya paling terang untuk mobil. 

Namun masalah lampu tidak terang terjadi baik pada lampu halogen maupun LED.

Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang

Permasalahan lampu kurang terang sering terjadi pada mobil. Hal ini terjadi karena banyak faktor. Beberapa penyebab umum yang kerap terjadi adalah: 

  1. Kerusakan Pada Relay

Relay berfungsi sebagai penghubung arus listrik utama dari baterai masuk langsung ke lampu. Pada relay terdapat rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar dan rangkaian arus besar atau utama yang masuk ke lampu. Lampu akan menyala ketika saklar dinyalakan. Dikarenakan rangkaian utama di relay akan terhubung. 

Masalah yang sering timbul biasanya kontak di dalam relay longgar. Keadaan ini membuat arus listrik yang disalurkan ke lampu menjadi lebih sedikit. 

Kerusakan ini bisa ditandai dengan headlamp yang terasa panas saat dipegang. Hal ini karena lonjakan electron listrik dari kontak yang kendur. 

  1. Soket lampu meleleh

Kemungkinan penyebab soket lampu meleleh karena pemasangan yang kurang masuk ke dalam terminal lampu atau kurang pas. Akibatnya terjadi loncatan elektron dari dua konduktor yang mempunya sela diantaranya. Panas yang terjadi akibat loncatan elektron ini lah yang melelehkan terminal lampu yang terbuat dari plastik. 

Lelehan pada area soket lampu beresiko menyebabkan lampu karena aliran listrik terhambat karenanya.

  1. Soket mengalami korosi

Karat yang terjadi pada soket akan menghambat aliran listrik ke lampu, sehingga listrik yang dialirkan ke lampu lebih sedikit. Akibatnya lampu akan menyala dengan redup.

  1. Mika lampu kotor

Mika lampu yang dipakai lama kelamaan akan kusam dan kotor. Hal ini menyebabkan pancaran cahaya dari lampu tidak bisa sempurna terpancar keluar karena terhalang kotoran. Untuk itu kita perlu melepas mika dan membersihkannya. 

  1. Aki lemah

Aki yang sudah lemah akan menghasilkan tegangan listrik yang kurang, Jika ini terjadi, kemungkinan besar tidak masalah yang timbul tidak hanya pada headlamp yang tidak terang. Kondisi kelistrikan mobil secara keseluruhan juga akan terganggu atau tidak bisa bekerja secara maksimal. 

  1. Bohlam lampu Rusak

Kurang terangnya lampu bisa disebabkan oleh kerusakan pada lampu itu sendiri. 

Solusi untuk Lampu Kurang Terang

Cara yang paling praktis dan terbaik adalah dengan mengganti part yang bermasalah seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan ini.

 Tetapi jika masih kurang terang juga, mungkin kita dapat membuat jalur lampu baru dengan menggunakan relay tambahan. Kabel dipasang pada baterai langsung ke relay dan dari output relay langsung ke soket lampu. Sedangkan soket relay tetap menjumper dari relay lampu asli di dalam box fuse. Dengan begitu, memungkinkan arus listrik dari aki langsung mengalir ke lampu tidak harus berputar mengikuti wiring lampu mobil. 

Atau mengganti bohlam lampu dengan yang baru yang spesifikasinya lebih terang.  Harus dipastikan reflektor lampu yang terpasang mampu menahan panas yang dihasilkan oleh lampu dengan spesifikasi lebih tinggi tersebut. 
Banyak lampu headline dijual dipasaran. Salah satunya pada www.rumahmodifikasi.com, yang memberikan jaminan mutu terbaik dari semua produk yang ada di tokonya.

Keranjang

close