Rekomendasi Sarung Jok Terbaik

Mengganti sarung jok lama dengan sarung jok terbaik adalah salah satu cara untuk menambah kenyamanan dalam berkendara.

Sarung jok mobil bawaan pabrik biasanya sebagian besarnya berbahan dasar kain yang jika kotor sulit dibersihkan meninggalkan bercak noda yang mengurangi keindahan interior mobil, bahkan dalam jangka waktu panjang tidak hanya noda tapi juga bau yang kurang sedap. 

Masa pemakaian sarung jok umumnya berkisar antara 4 sampai 5 tahun. Tapi dalam kasus perkecualian bisa saja kurang dari rentang waktu tersebut karena cara pakainya yang tidak apik dan mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang memperpendek usia jok mobil, antara lain makan dan minum di dalam mobil, menaruh benda-benda tajam di atas jok yang mungkin bisa menggores sarung jok mobil, sering membiarkan mobil berlama-lama berada di bawah sorotan sinar matahari secara langsung dan lain sebagainya.

Jika memang sudah tidak terlihat bagus dan berbau tidak enak, ini saatnya mengganti sarung jok mobil dengan sarung jok aftermarket yang banyak dijual bahkan secara online. 

Apa saja yang harus kita ketahui sebelum mengganti sarung jok?

Sebelum kita mengganti sarung jok, ada baiknya cari lebih banyak info sebanyak-banyaknya untuk bahan pertimbangan mengganti jok mobil.

  1. Metoda penggantian jok

Dua metode yang biasa dilakukan pada saat mengganti sarung jok: metode permanen; adalah dengan mencopot jok dari mobil, mencopot sarung jok bawaan pabrik dan menggantinya dengan yang baru; dan metode semi permanen dimana jok dan sarung jok mobil tidak perlu dicopot, hanya cukup disarungkan di dobel dengan yang baru. 

Metode semi permanen lebih banyak dipilih orang karena lebih mudah pengerjaannya dan tidak ada kemungkinan merusak kondisi mobil. Sedangkan metode permanen kebalikannya, kemungkinan besar dapat merusak dan merubah kondisi jok, oleh sebab itu sedikit orang yang memilih cara ini.

  1. Jenis bahan sarung jok

Ada beberapa pilihan bahan sarung jok yang dapat dipilih untuk mengganti sarung jok : fabric atau bahan kain, bahan sintetis standar / high grade sintetis, bahan sintetis berkualitas baik / premium, kulit campuran dan asli kulit. 

Tiap-tiap bahan memiliki ketahanan dalam pemakaian dan harga yang berbeda-beda, namun yang paling mahal adalah yang berbahan kulit asli.

  1. Rekomendasi Beberapa Sarung Jok mobil Terbaik

1. Lederlux

   Bahan sarung jok yang terkenal karena kelebihannya yang memiliki perlindungan anti UV, anti jamur atau anti fungi , anti bakteri dan fire retardant. Lederlux memiliki koleksi warna yang dapat membuat interior mobil tampak lebih indah dan nyaman. 

Meskipun banyak keunggulan yang dimiliki, harga lederlux tetap kompetitif berkisar 2.4 juta.

2. MB Tech

     Adalah salah satu sarung jok terbaik yang memiliki bebagai jenis pilihan bahan material dan warna.

MB Tech Camaro dan Picasso adalah varian material semi fabric, sedangkan MB Tech New Interior adalah varian material kulit sintetis berkualitas.

Karena bahannya nyaman, jahitannya rapi dan tektur modern dengan perawatan mudah, tidak heran merk ini banyak diminati. 

Harga MB Tech berkisar 2.5 juta rupiah

3. Orileder

    Produk yang satu ini merupakan produk lokal yang menggunakan 75% kulit asli sehingga nyaman saat digunakan dan memiliki tekstur pelapis kulit jeruk dan nappa atau kulit halus sehingga menyerupai kulit asli.

Sarung jok produksi orileder sudah dilengkapi dengan anti uv dan tidak mudah rusak, tidak mudah robek dan bergaransi hingga 3 tahun.

Orileder dibandrol harga kisaran mulai 4.3 juta rupiah.

4.  Mastrotto

     Sarung jok Mastrotto sangat nyaman dan tidak menimbulkan rasa panas sekalipun kita duduk berjam-jam di atasnya. Hal ini karena produk ini menggunakan kulit asli sebagai bahan materialnya.

Sarung jok Mastrotto sudah diproduksi sejak tahun 1958 dengan kualitas yang sangat baik.

Harga sarung jok Mastrotto berkisar 10 juta rupiah.

5. Autoleder

    Sarung jok ini dibuat dari kulit sapi asli yang diproses sedemikian rupa sehingga kualitas yang dihasilkan sangat luar biasa. Pilihan genuine leather diantaranya Nappa, Monza, Catania dan Dakota.

Sarung jok autoleder yang berasal dari Jerman ini banyak digunakan untuk mobil-mobil mewah Eropa.

Harga sarung jok Autoleder sekitar 17 juta rupiah.

Keranjang

close