Rekomendasi Modifikasi Mobil Toyota Avanza

Sudah memiliki mobil Toyota Avanza produksi tahun yang sudah lewat? Atau ingin membeli mobil bekas jenis ini? Ketahui beberapa rekomendasi modifikasi mobil Toyota Avanza agar lebih ciamik dan kece.

Tidak dapat dipungkiri, Toyota Avanza semenjak awal peluncurannya di tahun 2003 telah menjadi primadona di dunia otomotif karena penjualannya selalu tinggi. Wajar saja jika Toyota Avanza dijuluki mobil sejuta umat. 

Bagi peminat yang ingin membeli mobil di kondisi saat ini, pre owned Toyota Avanza adalah salah satu pilihan rasional untuk dibeli. Selain harganya yang ramah dikantong, mobil dengan kualifikasi Low MPV ini terbilang cukup nyaman untuk perjalanan keluarga.

Hingga saat ini mobil Toyota Avanza pre owned keluaran tahun 2004  hingga 2018 berada pada kisaran harga 50 jutaan hingga 180 jutaan saja. 

Modifikasi mobil Toyota Avanza

Banyak pilihan modifikasi yang bisa dilakukan untuk mobil avanza agar terlihat mentereng dan keren. Sebelum memodifikasi, tentukan terlebih dahulu konsep yang akan diaplikasikan pada pengerjaan modifikasi mobil avanza secara matang. Berikut  beberapa rekomendasi modifikasi tersebut :

  1. Mengganti velg dan ban dengan Ukuran yang lebih besar untuk memodifikasi menjadi mobil offroad 

Untuk para pengguna mobil Toyota Avanza yang berada di daerah dengan kondisi jalannya masih banyak batu dan belum di aspal secara merata khususnya atau pecinta mobil offroad pada umumnya, modifikasi dengan mengganti velg dan ban dengan ukuran yang lebih besar mampu merubah tampilan Toyota Avanza yang termasuk mobil Low MPV menjadi mobil offroad yang  berkesan wild. 

Tetapi sebelum mengganti velg dan ban dengan yang lebih besar, harus pertimbangkan performa mobil.

Agar kesan offroadnya semakin terlihat menonjol, tambahkan tanduk bumper pada bagian depan dan belakang mobil. Selain menambah gagah penampakannya, tanduk bumper juga berfungsi untuk menahan benturan dan mengurangi guncangan pada saat terjadi benturan.

  1. Memperpendek ground clearance mobil

Modifikasi ini adalah modifikasi yang banyak dilakukan oleh pengguna mobil Toyota Avanza. Memperpendek ground clearance dapat dilakukan dengan beberapa cara:

• Memotong per bawaan mobil, dengan cara memotong beberapa ulir per bawaan mobil sehingga mencapai keceperan mobil yang diinginkan oleh pemiliknya.  Cara ini paling sering dilakukan dalam memodif mobil agar lebih karena pengerjaannya lebih mudah dan murah 

• Menggunakan Lowering Kit, per ceper after market yang saat ini banyak dijual baik secara online ataupun offline. Merk- merk yang banyak digunakan seperti Tien, Triple S, Eibach dan H&R. Cara ini lebih aman jika dibandingkan dengan memotong per bawaan mobil walaupun biaya yang dikeluarkan sedikit lebih mahal.

Lowering kit yang dijual ada juga yang menggunakan suspensi bermodel coilover yang dapat diubah dan diatur tingkat kerendahan atau ketinggian yang dikehendaki sesuai selera.

• Menggunakan Air Suspension atau suspensi udara, yaitu memasangkan kelengakapan suspensi udara pada mobil sehingga dapat dipendekkan atau ditinggikan hanya dengan menekan indikator air suspension dari dalam mobil sehingga lebih praktis. Tapi cara ini terbilang cukup mahal. Untuk alat dan  pemasangannya dikenakan biaya pada kisaran belasan hingga puluhan juta.

  1. Memodifikasi Interior Mobil 

Biasanya orang akan memodifikasi interior mobil agar senada dengan konsep modifikasi eksterior yang sudah dilakukan atau jika memang biayanya mencukupi, dilakukan modifikasi untuk keduanya sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Pilihan modifikasi interior antara lain, mengganti jok dan sarung jok dengan warna dan tampilan yang sporty untuk modifikasi eksterior ala offroad. 

Sementara untuk modifikasi dengan menceperkan mobil, pilihan modifikasi interiornya selain sarung jok yang diganti dengan bahan dan warna yang modis, juga ditambahkan audio system yang diletakkan pada bagian bagasi belakang mobil.

Namun jika modifikasi interior hanya dilakukan untuk kenyamanan long jurney atau perjalan panjang bersama anak dan keluarga, interior bisa dimodifikasi dengan pemasangan tempat tidur , yang bisa dibuat secara custom di bengkel-bengkel modif mobil.

Karena pekerjaan modifikasi mobil dilakukan sesuai selera atau kebutuhan pemiliknya, maka jenis modifikasinya pun tak terhingga tergantung budget yang disediakan. Selamat memilih dan menentukan konsep modifikasi mobil impian.

Keranjang

close