Modifikasi Toyota Veloz Sporty dan Elegan

Beberapa tahun terakhir Toyota Avanza menjadi kendaraan beroda empat yang mendapat julukan mobil sejuta umat. Ini bukan omong kosong belaka. Nyatanya mobil avanza merupakan mobil yang banyak diminati di kalangan masyarakat.

Seiring perjalanan waktu, Toyota mencoba untuk “mendandani”penampakan mobil yang beberapa tahun ini merajai pasaran di Indonesia. Penambahan dan perubahan dilakukan untuk menonjolkan kesan dinamis yang menjadi minat kalangan muda dewasa. Hingga terlahirlah Toyota Veloz yang sudah beredar di pasaran sekarang ini.

Avanza dan Veloz, dimana perbedaannya?

Veloz bisa dikatakan merupakan versi sporty dari mobil Avanza, karena mobil ini memang mempertegas tampilan yang berkesan sporty pada eksteriornya.

Kedua mobil ini memiliki perbedaan pada aksesoris bodynya mulai dari bagian depan hingga bagian belakang. Grill dan bemper yang disematkan pabrik memiliki perbedaan yang nyata meski tetap memiliki bentuk headlamp yang serupa. Veloz tampil dengan desain yang lebih macho.

Penambahan ornamen berwarna hitam disekitar plat nomor dan reflektor bagian belakang yang berwarna hitam doff mempertegas kesan gagah yang ingin ditampilkan. Spoil yang disematkan juga berbeda pada kedua mobil ini.

Selain itu, kelebihan pada Veloz pada sisi eksterior adalah adanya side skirt sebagai aksesoris yang ditambahkan serta velg dual warna dengan ukuran 15 inci menjadi pembeda dengan Avanza yang velgnya yang hanya berwarna silver. 

Pada sisi interior, sarung jok pada mobil Avanza berwarna krem dan hitam sedangkan pada Veloz hanya berwarna hitam. Kelebihan Veloz dari Avanza terletak pada pembungkus stir yang sudah berbahan kulit dan door trim yang sudah dilengkapi dengan bahan kulit.

Dan terakhir dari sisi fitur, sebagai mobil yang dibanderol lebih mahal dari Avanza maka tak heran jika Veloz memiliki beberapa keunggulan. Yang antara lain terdapat tombol ”start and stop” untuk menyalakan dan mematikan kendaraan. Selain itu pada Veloz disematkan kamera mundur untuk memudahkan saat parkir dan layar monitor hiburan untuk penumpang di bangku baris ke dua.

Dari berbagai hal – hal di atas, Veloz memang dihadirkan sebagai versi sporty dari Avanza. Hal ini yang menjadi pertimbangan para pecinta mobil MPV untuk dapat memodifikasi mobil kesayangannya untuk tampil lebih sporty. 

Modifikasi Veloz untuk Merubah Tampil lebih Sporty dan Elegan 

Mendandani tampilan Veloz agar tampil sporty dan elegan bukanlah  PR yang sangat besar dalam perubahannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Veloz memang dibuat dengan menonjolkan kesan sporty. Sedikit sentuhan pada mobil ini akan membuat tampilannya semakin ganteng, elegan dan gaya.

Semua pekerjaan modifikasi pada mobil apapun, termasuk modifikasi pada Veloz harus tetap memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan bagi pengendara dan penumpangnya. Ini disebabkan karena Veloz adalah mobil yang diandalkan sebagai mobil keluarga. 

Modifikasi Veloz untuk tampilan sporty dapat meliputi:

  1. Ganti velg bawaan pabrik dengan velg after market

Hal termudah yang dapat dilakukan pertama kali dalam pekerjaan modifikasi mobil Veloz adalah dengan mengganti velg bawaan dengan velg yang banyak tersedia di pasaran dengan berbagai model dan bentuk.  

Ukuran ring 17 x 7 inci dan dibalut dengan ban racing ukuran 215/45 R17 akan dapat memberikan kesan sporty sekaligus elegan pada penampakan mobil kesayangan anda. 

  1. Merendahkah kaki – kaki mobil

Langkah berikutnya adalah dengan merendahkan ground clearance mobil dengan cara mengganti per bawaan pabrik dengan per yang lebih pendek yang tersedia di pasaran. Demikian juga dengan sokbreker juga sebaiknya diganti dengan produk aftermarket.

Pemotongan pada per bawaan pabrik agar kendaraan bisa lebih ceper merupakan hal yang tidak direkomendasikan untuk mobil MPV ini. Kita juga menyiasatinya dengan menggunakan lowering kit ataupun per kendaraan lain yang bisa dipasang pada Veloz. Contohnya seperti per milik BMW E46 (suber GridaOto).

  1. Knalpot racing dan aksesoris sporty

Penambahan sejumlah aksesoris bisa dilakukan untuk menambahkan kesan sporty pada hasil modifikasi mobil Veloz pada bagian eksterior. Seperti penambahan towing strap di bagian depan mobil dan stiker dengan permainan grafis yang mampu menonjolkan kesan sporty.

Mengganti knalpot standar dengan knalpot racing juga menjadi bagian yang menggoda. Deruan mobil yang dihasilkan semakin menambah kesan yang ingin ditampilkan. Namun selalu pastikan untuk selalu menimbang kesesuain settingan mesin dan kenyamanan pengguna jalan lain sebelum membeli dan mengganti knalpot.

Keranjang

close