Modifikasi mobil ringan dengan biaya terjangkau

Mobil yang sehari – hari kita gunakan untuk transportasi dalam beraktivitas di luar rumah, baik ke kantor, urusan bisnis atau jalan-jalan berlibur bersama keluarga; lambat laun akan kelihatan tidak cantik lagi dan mungkin juga performanya menurun. Terlebih jika anda orang yang tergolong cuek dan jarang merawat mobil anda.

Untuk mengganti baru atau tukar tambah mobil dalam situasi dan kondisi saat ini, rasanya kita perlu berpikir berkali-kali lebih banyak dibanding saat sebelum pandemi, kecuali jika anda tergolong dalam kaum sultan ya.

Tapi jangan patah arang, ada jalan yang bisa anda pilih agar tetap gaya dengan mobil lama anda dengan biaya – biaya yang bisa disesuaikan dengan kantong anda; yaitu dengan memodifikasi mobil anda.

Untuk memodifikasi mobil dengan harga murah, terlebih dahulu baiknya anda mengetahui tips – tips modifikasi mobil berikut ini ;

1. Modifikasi Eksterior mobil

  1. Modifikasi Poles dan Coating

Mobil yang beberapa lama dimiliki dan dipergunakan biasanya sudah tidak kinclong lagi penampakannya.  Menurut Sudrajat, Service Manager Body and Paint Setiajaya Toyota, Sukmajaya, Depok, dilansir dari Kumparan menjelaskan beberapa faktor penurunan kualitas cat body mobil dan kaca, yaitu: paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama, tersiram air hujan dan tidak langsung dibilas sehingga tumbuh jamur dan tidak menggunakan shampo khusus saat pencucian kendaraan. 

Agar mobil tampak kembali tampak kinclong dan baru, anda bisa melakukan polish atau pemolesan pada body dan kaca mobil anda. Dengan mengeluarkan  beberapa ratus ribu hingga satu juta rupiah, tergantung tingkat dan banyaknya ; mobil akan terlihat kembali berkilau. Jika anda memiliki dana lebih besar, ada baiknya juga melakukan coating atau pelapisan pada cat body mobil agar kilapnya lebih awet.

B .  Wrapping Sticker

Apa sih wrapping sticker itu?, Ialah salah satu cara modifikasi untuk merubah tampilan luar mobil agar tampak berbeda , dengan memasangkan stiker secara keseluruhan atau sebagian pada body mobil.

Banyak merek yang ditawarkan di pasaran untuk modifikasi mobil dengan wrapping sticker, tergantung merek dan besarnya bidang yang akan dipasang sticker, namun demikian, modifikasi mobil dengan cara ini terbilang yang paling murah tapi hasilnya tidak murahan. 

  1. Ganti velg dan ban

Agar tampilan mobil terlihat lebih keren, anda bisa mengganti velg dan ban mobil anda dengan ukuran yang lebih lebar. Pilihlah velg yang tampak modern dan sporty sehingga tampak gagah dan keren.

  1. Ganti Knalpot

Harga knalpot dipasaran dibandrol dari harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung dari suara yang dihasilkan dan performa knalpot. Semakin gahar dan menggaung suara yang dihasilkan, biasanya harganya semakin mahal.

2. Modifikasi interior 

  1. Ganti Tampilan Interior Mobil

Jika harus merubah seluruh tampilan dalam mobil, pasti diperlukn biaya yang lumayan. Agar tetap dapat merubah penampakan interior mobil dengan harga terjangkau, cukup ganti sarung jok mobil dan boleh juga karpet mobil agar kembali tampak bersih. Untuk mempercantik, tambahkan cover / sarung stir dengan warna senada.  Dijamin mobil anda akan terlihat kembali “wah”.

Lebih baik membeli jok mobil dan karpet mobil yang dijual dalam bentuk paket jadi harganya bisa lebih murah dan ramah dikantong. Harganya berkisar antara 800 ribu sampai 3juta rupiah. Semakin bagus bahan yang digunakan, biayanya juga lebih besar.

  1. Modifikasi Audio Mobil

Agar nuansa  mobil lebih berwarna dan terasa hidup, rubah bagian belakang mobil menjadi audio mobil.

Untuk modifikasi ini bisa disesuaikan dengan budget yang kita punya. Untuk paket murmer dibandrol dari harga mulai 1 juta rupiah. Harga ini termasuk power amplifier, subwoofer dan speaker beserta prosesornya untuk bagian depan dan belakang mobil.

Keranjang

close