Menyiasati Kebisingan Dalam Kabin Mobil

Apakah anda mengalami hal yang sangat menjengkelkan ketika berkendara dengan mobil anda terutama ketika dalam kondisi jalanan macet karena suara bising di luar masuk ke dalam mobil anda? Atau ada suara berdecit tiap kali kendaraan di rem, di gas atau saat melintasi jalanan rusak?

Berikut hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk menyiasati kebisingan di dalam kabin mobil anda.

  1. Melumuri part mobil dengan grease 

Ada kalanya suara berisik yang masuk ke dalam kabin karena adanya gesekan antar logam pada bagian mobil anda. Cek bagian dalam dan luar mobil untuk menemukan bagian mana yang terjadi gesekan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah dan lumuri dengan grease untuk mengurangi gesekan dan suara bising yang ditimbulkan.

  1. Perbaiki bagian-bagian mobil yang rusak

Suara berisik juga dapat ditimbulkan karena kerusakan komponen mobil, yang terjadi pada kaki-kaki mobil sehingga menimbulkan suara berisik ketika dikendarai dengan laju dengan kecepatan  50 km / jam atau lebih kencang lagi.

Kerusakan biasa terjadi pada bushing arm yang aus atau pecah atau pada bagian lain seperti shockbreaker , tie road atau ball join. Untuk mengatasinya anda harus memperbaiki dan mengganti semua komponen yang rusak.

  1. Mengganti Oli Gardan

Bisa saja suara berisik yang mengganggu berasal dari gardan mobil anda. Ganti oli gardan dengan yang lebih kental atau setel ulang gardan mobil anda jika kerusakannya belum parah dan masih belum perlu diganti.

  1. Pasang Peredam pada Mobil 

Jika setelah di cek hasilnya mobil anda baik-baik saja, maka anda perlu memasang peredam pada mobil anda untuk menyiasati suara bising yang masuk ke dalam kabin mobil. 

Peredam mobil tidak melulu harus dipasang pada keseluruhan bagian kendaraan, bisa saja hanya pada bagian-bagian tertentu pada mobil yang masih belum kedap suara dari luar kabin. Dan hal ini bisa jadi pertimbangan jika budget anda terbatas. 

Untuk itu, perlu dipelajari terlebih dahulu bagian mana pada mobil anda yang perlu dipasang peredam suara.

  1. Pemasangan peredam suara pada kap mesin

Jika suara mesin mobil, terutama mobil bermesin diesel masuk ke dalam kabin mobil.

  1. Pemasangan peredam pada bagian lantai mobil

Jika suara yang masuk adalah suara yang dihasilkan dari gesekan antara ban mobil dan jalanan beraspal atau suara tetesan air hujan.

  1. Pemasangan peredam pada panel pintu mobil

Jika suara bising yang terdengar berasal dari luar mobil seperti suara knalpot pengendara lain. Ataupun suara mulsik yang disetel kencang di dalam mobil terdengar sampai ke luar.

  1. Pemasangan peredam suara pada seluruh bagian mobil, termasuk pada atap mobil

Jika anda memiliki dana yang cukup dan ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka pemasangan peredam pada seluruh bagian mobil adalah pilihan yang terbaik untuk kenyamanan maksimal di dalam kabin. Karena selain untuk meredam suara agar dapat menikmati suara musik dengan enak, peredam juga mampu menahan panas yang masuk ke dalam kabin karena berkendara di bawah terik matahari.

Jika letak bagian dari mobil yang kekedapan suaranya kurang sehingga suara luar bisa masuk ke dalam mobil sudah ditemukan, maka hal lain yang perlu diketahui adalah jenis peredam apa yang cocok untuk dapat diaplikasikan pada kendaraan anda.

Hal ini agar hasil yang didapat lebih maksimal dengan juga menimbang hal-hal penting seperti memilih peredam yang baik, mampu meredam suara dan panas secara maksimal; tidak berat sehingga tidak menambah bobot kendaraan secara signifikan yang berpengaruh pada efisiensi penggunaan BBM dan melakukan pengukuran secara detail dan cermat untuk berapa banyak peredam yang akan digunakan.

Keranjang

close