Lampu Kabut Bukan Pemanis, Berikut Fungsi Yang Sebenarnya

lampu kabut atau fog lamp saat ini sudah menjadi fitur standar yang disematkan produsen mobil. Selain membuat tampilan muka mobil menjadi semakin keren, foglamp memiliki manfaat meningkatkan keselamatan dan visibilitas pengendara saat berkendara.

Fog Lamp atau lampu kabut terdiri atas dua jenis. Front fog lamp (lampu kabut depan) yang dipasang pada bumper depan bagian bawah di sisi kiri dan kanan. Lampunya menggunakan warna kuning atau putih kekuningan. Dan rear foglamp (lampu kabut belakang) yang dipasang menyatu dengan lampu belakang dan memancarkan cahaya warna merah terang.

Jangan Salah Kaprah Menggunakan Foglamp

Banyak pengendara yang menyalakan lampu kabut pada jalan di malam yang cerah dan diterangi lampu secara cukup. Atau menyalakan foglamp pada senja hari alih-alih menyalakan lampu senja pada headlamp. Hal tersebut tidak tepat dilakukan.

Lampu kabut tidak dapat menggantikan fungsi headlamp dikala hari mulai gelap. Lampu utama cahayanya menyebar jauh ke arah depan, sedangkan foglamp lebih fokus satu arah yaitu depan. Tetapi cahaya foglamp tidak mampu menerangi jarak jauh dengan cakupan yang luas.

Selain itu, menyalakan lampu ini bukan pada kondisi yang disarankan akan membuat silau pengendara lain yang melintas berlawanan arah. Hal ini tentu saja sangat berbahaya.

Fungsi Fog Lamp pada mobil

Fungsi Fog Lamp adalah membantu memperjelas penglihatan di jalan pada saat cuaca buruk. Di negara kita, Indonesia yang tergolong curah hujannya sangat tinggi adanya foglamp sangat membantu pengendara untuk mengendarai kendaraannya disaat hujan lebat. Terutama jika hujan besar pada malam hari. Dan ketika berada di dataran tinggi atau jalan yang sedang berkabut.

  1. Saat Hujan Lebat atau Berkabut

Foglamp harus dinyalakan ketika berkendara saat hujan lebat atau saat berkabut. Pada saat turun hujan atau berkabut, jarak pandang pengendara terhadap jalan yang dilalui akan terbatas. Kondisi berkabut biasanya kita alami ketika melintasi pegunungan atau perbukitan. 

Selain karena kerapatan curah hujan, saat hujan biasanya kaca mobil juga mengembun sehingga semakin menyempitkan atau menghalangi jarak pandang. 

Foglamp membantu pengemudi agar mendapatkan jarak pandang yang lebih jelas sehingga dapat berkendara dengan aman. Lampu kabut memancarkan cahaya fokus ke depan dengan membentuk sudut 45 – 50 derajat. Sehingga lampu ini juga dapat membantu pandangan jarak dekat pengemudi.

Sinar dari lampu  ini berwarna kuning atau putih kekuningan dengan jangkauan pancaran cahaya tidak setinggi lampu utama. Warna kekuningannya disinyalir lebih bisa menembus kabut dan guyuran air hujan yang deras dengan baik. 

Manfaat keselamatan dari lampu ini bukan hanya untuk pengendara atau penumpang yang ada di mobil yang menyalakan foglamp saja. Tetapi juga untuk pengendara lain yang ada di depan dan di bekang mobil kita.Dikarenakan mereka mengetahui ada kendaraan di depan atau belakang mobilnya sehingga bisa waspada untuk memberi jarak aman. 

  1. Jalanan Minim Penerangan Saat Malam Hari

Jika harus melintasi daerah yang minim penerangan di malam hari, baiknya kita juga menyalakan foglamp selain headlamp. Ini berguna untuk menambah visibilitas pengendara pada jalan dalam jarak dekat.  Di terowongan yang minim pencahayaan, lampu ini juga berguna untuk memberi sinyal kepada pengendara lain untuk waspada dan menjaga jarak. 

Walaupun dalam kondisi cuaca cerah; tidak hujan atau berkabut, cahaya lampu kabut dengan kondisi tersebut diperlukan. 

Dengan penerangan tambahan, kita bisa lebih jelas jalanan di area sekitar mobil. Kita bisa lebih waspada pada kondisi jalan yang mungkin saja rusak atau berlubang atau terdapat banyak speed bump (marka kejut) atau secara umum lebih dikenal dengan polisi tidur. 

Di beberapa mobil dengan tipe menengah atau standar, lampu kabut ini belum ada. Demikian pula dengan mobil keluaran tahun lama. Melihat kondisi Indonesia yang akhir-akhir ini mengalami cuaca ekstrim dengan intensitas hujan tinggi, memasangkan lampu kabut pada mobil sepertinya sudah menjadi keharusan. Menimbang keselamatan di jalan menjadi prioritas utama saat berkendara. 

Pilihlah foglamp yang sesuai dengan mobil yang akan dipasangkan lampu ini. Pastikan barang yang dibeli berkualitas baik untuk menghindari pemasangan ulang karena rusak dalam waktu pendek. 

Dan pemasangan foglamp baiknya dilakukan oleh profesional untuk menghindari pemasangan yang tidak presisi. Akibatnya akan menyilaukan pengendara lain. 
Kunjungi www.rumahmodif.com untuk mendapatkan foglamp dengan kualitas dan harga terbaik.

Keranjang

close